Mohon tunggu...
Ika Arafah Husni
Ika Arafah Husni Mohon Tunggu... Ika Arafah Husni dari kutacane aceh tenggara mahasiswa IAIN Langsa

Nama : Ika Arafah Husni Alamat : Sepakat Segenep Hobi : Mendengarkan musik dan menonton

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Minat Genrasi Muda Desa Pengidam dalam Mempelajari tentang Kewirausahaan

21 April 2021   14:10 Diperbarui: 21 April 2021   14:26 29 0 0 Mohon Tunggu...

Generasi muda di Desa Pengidam punya minat besar dalam mempelajari tentang kewirausahaan. Kewirausahaan sendiri adalah proses mengindentifikasi, mengembangkan dan membawa visi dalam kehidupan.

Visi tersebut dapat disebut berupa ide inovatif, peluang, dan cara yang baik dalam menjalankan sesuatu. Pada saat ini banyak sekali kita melihat disekitaran anak muda zaman sekarang yang enggan untuk mempelajari ilmu pengetahuan salah satunya seperti kewirausahaan yang bertujuan untuk menjadikannnya wirausahawan dan lebih memilih untuk menjadi karyawan. Sementra itu kewirausahaan akan lebih baik akan lebih jika dipelajari pada usia muda.
Pada saat ini kerwirausahaan sangat penting untuk di pelajari agar dapat membuka wawasan anak muda zaman sekarang untuk melakukan kewirausahaan. Yang mana kewirausahaan ini akan memudahkan anak zaman sekarang untuk bekerja baik untuk diri sendiri maupun untuk lapangan pekerjaan bagi orang lain yang membutukan.
Dengan adanya kewirausaahhan juga dapat mengubah minat anak zaman sekarang untuk lebih mengetahui jati dirinya dalam berkerja dan tidak hanya berfikiran bahwasanya dia hanya pantas menjadi karyawan dalam sebuah perusahaan.
“ Generasi muda itu sudah pasti mempenyai energy, agresivitas yang hebat. Hanya saja langkah-langkah yang diambil kerap membuat agresivitas tersebut justru terbalik. Kalau kita sering-sering mmendengar orang yang berpengalaman dan mencoba memahami itu, kita bisa memperkecil risiko".
Jadi menurut saya jika kita berkeinginan untuk maju dalam berwirausaha maka kita harus terlebih dulu mempelajari resiko yang akan kita hadapi kedenpannya dengan cara memdalami ilmu pengetahuan tentang kewirausahaan dan memperbanyak Action dan pengalaman  dengan cara minimal bekerja di perusahaan orang lain dengan niat untuk belajar bukan niatnya untuk mendapatkkan  uang dulu. Akan tetapi pengalaman mengurus perusahaan yaitu tentang bagaimana menghadapi krisis perusahaan. Hal tersebut dikarenakan dengan bekerja di perusahaan orang kita dapat mempelajari langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menjalani perusahaan atau bahkan saat menghadapi risiko. Dengan begitu, saat berbisnis, seorang pengusaha pemula tidak akan kaku menghadapi berbagai hal-hal yang mungkin di temuinya dalam berbisnis. Untuk itu, seorang Calon wirausaha harus mempersiapkan diri untuk menjadi wirausahawan, termasuk dengan cara bekerja di perusahaan orang. Dan hal ini dapat dilakukan agar waktu belajar wirausahanya dapat lebih panjang.  
Dalam berwirausaha yang wajib ditanamkan dalam diri adalah rasa percaya diri dan rasa tangggung jawab yang dalam karna setiap perkerjaan itu harus ada yang menjadi sandaran untuk lebih memaksimalkan setiap pekerjaan yang dilakukannya. Dan saya menganjurkan bagi generasi jaman sekarang bahwasanya jika ingin maju dan mudah dalam segala pekerjaan maka harus ada rasa tanggung jawab, tegas, disiplin, berani mencobaan, pantang menyerah serta putus asa dan  ikhlas dalam menghadapi masalah yang dihadapi. Begitu pula dengan generasi muda desa pengidam supaya ada menanamkan rasa bertanggung jawab dan niatan untuk mengembangkan perekonomian desa pengidam dengan cara belajar kewirausahaan denag baik dan benar agar dapat mengembangan sumber daya alam yang ada di desa pengidam ini lebih maju kedepannya.  

Penulis : Ika Arafah Husni Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnin Islam IAIN Langsa

VIDEO PILIHAN