Mohon tunggu...
IKA EMILIA YULIANI
IKA EMILIA YULIANI Mohon Tunggu... a wife a mom a teacher

Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Media Audio Visual untuk AUD

29 November 2020   21:16 Diperbarui: 29 November 2020   21:34 32 0 0 Mohon Tunggu...

Bahan ajar merupakan suatu bahan / materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan peserta didik dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. 

Dalam pengelompokannya bahan ajar dibagi menjadi 5 kelompok besar yaitu :1)Bahan ajar yang tidak diproyeksikan seperti foto, diagram, display, model; 2) Bahan ajar yang diproyeksikan, seperti slide, filmstrips, overhead transparencies, proyeksi komputer; 3) Bahan ajar audio, seperti kaset dan compact disc; 4) Bahan ajar video, seperti video dan film; dan 5) Bahan ajar (media) komputer, misalnya Computer Mediated Instruction (CMI), Computer based Multimedia atau Hyperme .

Menurut  Masitoh, dkk., ( 2005:1 ), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ditujukan bagi anak prasekolah agar anak dapat mengembangkan potensi sejak dini yaitu dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan  jasmani dan rohani anak. Karena pada usia ini ada belajar melalui apa yang dilihat dan dilakukannya secara nyata. 

Pemilihan media pembelajaran yang tepat juga menjadi faktor penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam belajar. Media yang digunakan oleh guru memiliki peranan yang cukup signifikan terhadap minat belajar anak. Penggunaan media yang kurang tepat dan kurang diminati oleh anak menyebabkan anak merasa  bosan dan malas mengikuti pembelajaran.

Anak usia dini merupakan usia emas. Pada usia ini diperhatikan tugas perkembangannya. Media pembelajaran akan membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi pelajaran . Media audio-visual adalah media yang merupakan kombinasi dari media audio dan media visual yang biasa di sebut dengan pandang dengar. Dengan menggunakan media audio-visual ini maka penyajian tema kepada anak lebih lengkap dan optimal. 

Adapun manfaat penggunaan media audio visual diantaranya :

1. membantu memberikan konsep pertama atau kesan yang benar

2. mendorong minat

3. meningkatkan pengertian yang lebih baik

4. melengkapi sumber belajar yang lain

5. menambah variasi metode mengajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x