Mohon tunggu...
Iis Indrawati
Iis Indrawati Mohon Tunggu... Human Resources - Nama

Iis Indrawati

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Internet untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia

8 Juli 2022   08:00 Diperbarui: 8 Juli 2022   08:01 164 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: blogs.worldbank.org

Saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia. Bagaimana tidak, dengan internet manusia bisa melakukan banyak hal tanpa harus keluar rumah. Contohnya saja sejak pandemi covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, segala aktivitas yang biasanya dilakukan diluar rumah harus dialihkan ke rumah baik itu belanja, kerja kantoran hingga sekolah dan perguruan tinggi.

Sumber foto: databoks.katadata.co.id
Sumber foto: databoks.katadata.co.id
Berdasarkan laporan dari We Are Social, pengguna internet di Indonesia pada januari 2022 telah mencapai 204,7 juta pengguna sedangkan pada tahun sebelumnya berjumlah 202,6 juta pengguna. Data ini menunjukan bahwa pengguna internet dan intensitas penggunaanya mengalami peningkatan tiap tahun. Peningakatan pengguna internet tiap tahun tidak terlepas dari banyaknya manfaat internet didalam kehidupan manusia. Adapun salah satu manfaat internet yang sangat berguna bagi kehidupan manusia yaitu penggunaan internet dalam bidang pendidikan.
Pendidikan Indonesia mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam proses pembelajaran sejak pandemi covid-19. Proses pembelajaran sejak covid-19 dialihkan menjadi pembelajaran virtual melalui beberapa media daring yang dimudahkan dengan hadirnya jaringan internet. Hal ini tentunya berdampak positif untuk mengurangi risiko terpapar covid-19 bagi seluruh peserta akademik, serta memudahkan peserta didik untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran meski  lewat media daring. Dengan adanya internet, pendidikan Indonesia menjadi lebih adaptif dalam segala kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengadakan proses pembelajaran secara langsung. Selain itu, dengan internet peserta didik dapat dengan mudah mendapat akses informasi dan pengetahuan yang lebih cepat dan lengkap. Melihat hal tersebut, internet menjadi salah satu hal yang terpenting untuk masa depan pendidikan Indonesia yang lebih baik dan maju.


Layanan internet yang dapat membantu dan memudahkan seluruh peserta didik baik dalam melakukan proses pembelajaran secara daring hingga dalam mengakses berbagai informasi dan beragam pengetahuan yang lengkap, dengan tujuan untuk memajukan pendidikan yang lebih baik yaitu dengan menggunakan produk dari Telkom Indonesia. IndiHome merupakan salah satu produk dari Telkom yang menawarkan berbagai keuntungan bagi penggunanya.
Pada satu sisi IndiHome sangat berguna karena dapat digunakan hingga di wilayah-wilayah pelosok, hal tersebut memiliki peran yang sangat besar untuk mendorong agar peserta didik yang berada diwilayah-wilayah pelosok dapat mendapatkan tambahan informasi dan pengetahuan yang sama dengan peserta didik yang ada di perkotaan. Selain itu, IndiHome juga menyediakan internet unlimited dan akses internet yang dimiliki juga sangat cepat sehingga pengguna dalam hal ini peserta didik dapat mengakses internet dengan cepat tanpa harus takut kehabisan kuota. Namun, pada sisi lain IndiHome yang penggunaannya untuk internet rumahan tidak dapat digunakan kemana-mana.
Untuk itu, Telkom Indonesia juga menyediakan beberapa produk yang dapat menjadi pilihan tepat untuk akses internet yang lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana dan akses internetnya juga cepat. Adapun produk yang dimaksud yaitu Telkomsel yang memberikan layanan dan solusi mobile digital.


Hadirnya Telkom Indonesia dan IndiHome mampu membantu Indonesia untuk mecapai pendidikan yang lebih merata hingga ke pelosok. Telkom dan IndiHome benar-benar merepresentasikan Internetnya Indonesia yang tepat dan mampu menjangkau masyarakat hingga ke daerah pelosok. Jangkauan internet yang luas dan akses yang begitu cepat memiliki peran yang begitu besar bagi pertumbuhan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Layanan internet yang ditawarkan mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan