Mohon tunggu...
Rodhiyah Nur I.
Rodhiyah Nur I. Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Malang

Menjadi baik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kuncinya Sekarang Berada di Orangtua yang Kreatif

17 April 2020   03:01 Diperbarui: 17 April 2020   03:05 25 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuncinya Sekarang Berada di Orangtua yang Kreatif
majalahayah.com

Kegiatan belajar di rumah selama masa pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Menjadi rutinitas baru setiap orang tua untuk lebih memperhatikan pendidikan anak. Selain menerapkan Work From Home (WFH), namun juga menemani anak belajar dan bermain dalam rumah. Tidak hanya itu, orang tua juga harus lebih intens berkomunikasi dengan guru mengenai perkembangan dan kesehatan anak selama di rumah. Hal ini menjadi peluang besar orang tua untuk menghabiskan waktu bersama anak, tentunya dengan kegiatan yang menyenangkan.

Himbauan disampaikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kepada para guru dan orang tua agar memberikan pembelajaran bermakna yang tidak hanya fokus kepada capaian dalam hal akademik atau kognitif saja, melainkan juga kepada keterampilan hidup dan karakternya.

Kreatifititas merupakan salah satu yang harus selalu dikembangkan agar dapat memecah kebosanan yang kerap melanda. Tidak bisa dipungkiri, terutama pada anak usia dini yang lebih menyukai bermain di luar rumah.

Kebiasaan sehari-hari anak memang berbeda dari biasanya, biasanya harus memakai seragam dan sepatu, namun kebiasaan tersebut sudah tidak lagi dilakukan. Inilah poin pentingnya dimana orang tua atau guru tetap harus menciptakan  sesuatu hal yang baru, lain dari biasanya, namun tidak merubah kebiasaan baik atau malah dilupakan.

Bangunlah semangat anak untuk terus belajar dengan cara yang kreatif dan bermakna untuk anak. Bisa dengan membuat berbagai keterampilan, melakukan permainan-permainan yang mengedukasi, mengajak anak memasak bersama, membuat konten-konten kreatif di media sosial, menceritakan berbagai cerita, menonton tayangan yang mengedukasi, bernyanyi, olahraga bersama, dan melakukan berbagai aktifitas positif lainnya. 

Selain membuat anak tidak jenuh dalam rumah, juga dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan dalam diri anak, terlebih jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Dengan dibangunnya semangat anak untuk terus kreatif ini, tentu akan berdampak pada bakat dan minatnya. 

Sehingga menjadi waktu yang penting bagi anak untuk terus menciptakan hal baru dalam kesehariannya, sehingga semakin banyak sisi kreatif yang ditimbulkan, serta bakat dan minatnya semakin terasah dengan baik. Dan yang paling penting melakukan semua aktifitas teresebut dengan strategi yang bervariasi dan menyenangkan, agar anak tidak merasa bosan terus dalam rumah. 

Keluh kesah pasti ada, namun dengan adanya waktu luang bersama ini, tentu dapat menumbuhkan kelekatan antara orang tua, anak, dan makhluk hidup di sekitar lingkungan rumahnya.  Dulu orang tua yang mempunyai banyak alasan karena tidak bisa menemani anak, kini berubah menjadi selalu bersama dan bisa berlama-lama bersama menghabiskan waktu. Oleh karena itu manfaatkan dengan sebaik mungkin, karena kuncinya sekarang berada di tangan orang tua yang kreatif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x