Mohon tunggu...
Iis Suwartini
Iis Suwartini Mohon Tunggu... Dosen PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Iis Suwartini merupakan dosen di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sejak tahun 2014. Mengajar pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Saat ini sedang menempuh studi S3 pada jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Sebelas Maret (UNS). Penulis aktif menulis kolom opini, cerpen, cerita sejarah dan cerita misteri di beberapa koran.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Cara Unik Meminta Maaf di Era Digital

13 Mei 2021   23:22 Diperbarui: 13 Mei 2021   23:23 472 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Unik Meminta Maaf di Era Digital
Dokumentasi pribadi

Momen  Idulfitri merupakan kemenangan umat Islam, setelah sebulan lamanya menahan hawa nafsu. Hari raya Idulfitri  dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan istilah "Lebaran". L

ebaran mengandung makna lebar, lebur, luber, dan labur. Lebar memiliki arti Lebaran dari kemaksiatan. Lebur memiliki arti  lebur dari segala dosa. Luber memiliki arti luber dari pahala dan keberkahan. Labur  memiliki arti bersih dari dosa.

Umat Islam memaknai Lebaran sebagai ajang menjalin silahturahmi sebagai sarana membebaskan diri dari dosa yang diperbuat kepada sesama manusia. 

Pada momen tersebut umat Islam memohon maaf  kepada sanak saudara dan kolega atas segala dosa yang telah diperbuat. Lebaran menjadi momentum untuk menyempurnakan hubungan manusia dengan Tuhan, dan manusia dengan manusia.

Sikap saling memaafkan dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Sikap saling memaafkan memberikan rasa tenang dan damai sehingga terhindar dari depresi. 

Pada era digital beragam cara dapat dilakukan untuk meminta maaf kepada keluarga ataupun kolega. Beberapa masyarakat memilih untuk melakukan halalbihalal secara virtual menggunakan zoom ataupun  googel meet. Ada juga yang mengirimkan kartu ucapan digital ataupun video singkat menggunakan berbagai aplikasi. Berikut ini beberapa aplikasi yang banya

k digunakan pada saat Lebaran.

Twibbon adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan postingan dengan bingkai menarik. Pada momen Lebaran berbagai instansi baik sekolah, kantor, universitas, maupun organisasi membuat Twibbon untuk menyemarakan lebaran. 

Hal tersebut bertujuan selain digunakan untuk media meminta maaf juga meningkatkan eksistensi suatu instansi ataupun organisasi. Tak heran jika satu orang bisa menggunakan lebih dari 3 Twibbon dengan desain dari instansi maupun berbagai organisasi yang diikuti. Bahkan di malam Lebaran aplikasi ini sempat sulit diakses.

LIKE juga banyak digunakan saat Lebaran. Keunggula aplikasi ini dapat membuat video singkat dilengkapi dengan lagu dan desain lebaran serta memiliki lebih dari 2.000 efek video. Pengguna dimudahkan dalam berkreasi sehingga hasilnya sangat menarik.

Eid Mubarak merupakan aplikasi yang digunakan pengguna untuk membuat kartu ucapan lebaran yang indah. Pengguna bisa membuka kartu atau pesan di kemudian hari tanpa menggunakan koneksi internet. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Anda tertarik mencobanya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN