Mohon tunggu...
Ii Nurul Hapsari
Ii Nurul Hapsari Mohon Tunggu... Lainnya - Metallurgical Engineering

Going to the extra miles

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Raih Sukses dengan Membaca

14 Juli 2022   10:15 Diperbarui: 14 Juli 2022   10:21 99 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Potret Elon Musk, Oprah Winfrey, dan Bill Gates (Sumber: https://en.wikipedia.org/) 

Siapa tak kenal Elon Musk, Oprah Winfrey, dan Bill Gates? Ketiga nama ini tentu tidak asing di telinga kita karena kerap dianggap sebagai representasi dan simbol dari sebuah "kesuksesan".   

Elon Reeve Musk atau yang dikenal dengan Elon Musk merupakan orang terkaya nomor satu dunia berdasarkan rilisan Forbes pada tahun 2022. Tesla Inc merupakan lini bisnis yang menjadi penyumbang terbesar kekayaan pria dengan total harta US$264 miliar ini. Kesuksesan yang Musk raih merupakan buah dari keberaniannya dalam mengeksekusi berbagai "ide gila" yang ia miliki. 

Oprah Winfrey, pembawa acara talkshow wanita berkulit hitam pertama yang sukses berkarir di televisi nasional Amerika dengan acara legendarisnya bertajuk "The Oprah Winfrey Show". Sosok yang masuk pada jajaran sepuluh wirausaha wanita terkaya Amerika ini juga dikenal sebagai seorang pejuang karena kesuksesan yang ia dulang tak lepas dari usaha kerasnya melawan trauma masa lalu yang cukup kelam sebagai korban pelecehan seksual.

Bill Gates sang empunya Microsoft Corporation juga salah satu nama yang sering digadang-gadang sebagai simbol kesuksesan. Bagaimana tidak, dari tahun ke tahun ia tidak pernah terdepak dari klasemen orang terkaya di dunia. Tak hanya Microsoft, Gates juga memiliki aset lain seperti properti, saham, hingga pulau pribadi.

Meski tokoh-tokoh tersebut meraih kesuksesan pada bidang yang berbeda-beda, namun terdapat satu kesamaan dari ketiganya, yakni mereka selalu menerapkan kebiasaan untuk membaca. Pada usia sembilan, Musk telah mampu membaca novel fiksi ilmiah selama sepuluh jam tanpa putus. Setiap minggu, Oprah rutin membahas satu buku pada segmen "Oprah's Book Club" yang telah mengudara selama lebih dari satu dekade. Per tahunnya, Gates berhasil melahap 50 buku dari berbagai macam genre. 

Ilustrasi Seseorang yang sedang Membaca Buku (Sumber: medium.com/)
Ilustrasi Seseorang yang sedang Membaca Buku (Sumber: medium.com/)

Berdasarkan paparan tersebut, kita dapat mengetahui bahwa membaca merupakan kegiatan yang sangat dekat dengan para miliarder dunia. Dengan kata lain, membaca sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hal ini tentu tak mengherankan, mengingat buku adalah jendela dunia yang dapat memberikan kita beragam pengetahuan. Sehingga wajar jika para penggemar buku mampu mencapai kesuksesan yang luar biasa. 

Karenanya, jika kita mendamba kesuksesan, salah satu hal yang dapat dilakukan ialah mengakrabkan diri dengan berbagai jenis bacaan. Pada era digital ini, sumber bacaan sangat mudah ditemukan dan tidak lagi terbatas pada setumpuk besar kertas yang merepotkan saat digenggam. Kemudahan ini juga dapat kita rasakan sebagai salah satu Manfaat Internet yang telah masif tersebar di Indonesia.

Kini, puluhan situs penyedia buku legal dapat dengan mudah diakses melalui internet. Pada situs-situs tersebut, kita dapat membaca bahkan meminjamnya secara gratis. Beberapa situs yang dimaksud seperti iPusnas, IBI Library, dan Project Gutenberg.

1. iPusnas

Tampilan iPusnas (Sumber: id.quora.com/)
Tampilan iPusnas (Sumber: id.quora.com/)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan