Iin Nadliroh
Iin Nadliroh Mahasiswa Pendidikan (Fakultas Tarbiyah)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengatasi Anak yang Suka Jajan Sembarangan

17 April 2018   16:41 Diperbarui: 17 April 2018   17:35 325 1 1
Mengatasi Anak yang Suka Jajan Sembarangan
steemit.com

"Maa aku mau beli jajan dulu yaa.." sambil berlari keluar menuju warung sebelah rumah. Selang beberapa jam kemudian, "Mama aku minta uang mau beli jajan lagi.."

Ilustrasi diatas adalah beberapa contoh kejadian yang seringkali diminta oleh anak. Faktor seperti iklan cukup besar memberikan pengaruh terhadap jajan anak, apalagi untuk saat ini iklan-iklan di media elektronik (TV) sangat membooming sering muncul dilayar kaca. Belum lagi saat anak melihat temannya makan jajan dan begitu menikmati jajanan tersebut, jelas anak akan merasa tergoda sehingga dia akan meminta pada orangtuanya untuk membelikannya jajan yang dibeli temannya tersebut.

Anak sebagai buah hati memang memberikan kebahagiaan bagi orangtua dalam kehidupan berkeluarga. Yang menjadi masalah dalam hal ini adalah apabila orangtua terlalu memanjakan anak sampai memberikan apapun yang anak minta salah satunya memberikan uang jajan yang berlebihan unuk anak. Bukan kebahagiaan yang didapat melainkan perilaku konsumtif.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak suka jajan. Kebiasaan anak jajan diluar rumah mungkin saja karena apa yang disajikan di rumah kurang menarik baginya. Sehingga anak merasa bosan dengan sajian atau menu yang ada di rumah. Faktor lainnya adalah kebiasaan orangtua yang suka berbelanja. 

Anak akan meniru sifat orangtua yang suka berbelanja/jajan di luar rumah, dengan alasan ibu tidak memasak sehingga mereka memutuskan untuk jajan di luar saja, daripada ribet-ribet masak. Satu lagi jika orangtua terbiasa memberikan uang jajan yang terlalu berlebihan kepada anak, sehingga membuat anak menghabiskan semua uangnya untuk membeli jajan semaunya dia, iya kalo orangtua kita setiap hari punya uang lebih untuk kita jajan, kalo misalnya nggak punya bagaimana? Pasti akan kewalahan mengahadapi anak yang minta uang terus-menerus bukan?

Bagi orangtua yang sudah mengerti tentang bahayanya jajan sembarangan juga harus mengajarkan dan selalu mengingatkan pada orangtua terdekat anak-anak untuk membantu orangtua dalam mendidik anaknya supaya berhati-hati dalam menggunakan uang  jajan dan tidak jajan sembarangan.

Tips agar anak tidak suka jajan:

1. Batasi Uang Jajan Anak

Anak bisa jajan karena ia memiliki cukup uang untuk membeli jajan. Batasi uang jajan anak, agar anak tidak jajan secara berlebihan.

2. Pastikan Anak Mendapatkan Makan yang Cukup

Anak yang tidak makan atau makan terlalu sedikit cenderung suka jajan karena lapar. Seperti keponakan saya di rumah, setiap sebelum berangkat sekolah dia nggak mau sarapan alaesannya males, tapi pas di sekolah uang sakunya dihabisin buat beli jajan. Jika anak mendapatkan makan yang cukup, meskipun ia memiliki uang, belum tentu ia akan menggunakannya untuk membeli jajan.

3. Ajari Anak Berhemat dan Menabung

Mengajari anak berhemat sejak dini sangat penting untuk mendidik dan mengatur keuangan pribadi anak. Jika anak sudah memiliki kesadaran diri untuk berhemat dan menyisihkan sebagian uang sakunya untuk tabungan maka dampak positifnya adalah anak akan cenderung manahan diri dan tidak mudah tergoda untuk menghabiskan uangnya buat beli jajan.

4. Siapkan Bekal Untuk Anak

Siapkan bekal untuk anak sebelum pergi ke sekolah. Membawakan anak bekal sendiri dari rumah akan menjamin anak mendapatkan makanan yang sehat dan aman.

5. Siapkan Menu Makanan Sehat

Menu makanan sehat akan memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Tercukupinya kebutuhan 4 sehat 5 sempurna yaitu karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral akan menjamin anak merasa kenyang lebih lama.

6. Berikan Pengertian Resiko Jajan Sembarangan

Berikan penjelasan kepada anak mengenai dampak negatif jajan sembarangan. Berikan pengetahuan tentang jajanan yang sehat itu seperti apa, dampak positif makan makanan yang sehat itu seperti apa. Hal ini akan membuat anak selektif saat jajan dan mengurangi keinginan anak untuk jajan sembarangan.

Mengatasi anak yang suka jajan tidaklah gampang, apalagi jika hal tersebut sudah terpola cukup lama, kita sebagai orangtua harus ekstra sabar untuk mengurangi nafsu jajan si anak. Karena hal tersebut menyangkut kesehatan anak kita sendiri. Kita tidak mau kan jika anak kita terus-terusan sakit karena akibat dari perilakunya yang suka jajan sembarangan? Maka dari itu mulai sekarang terapkan hidup sehat dalam keluarga Anda, agar semua anggota keluarga selalu memiliki tubuh yang sehat jasmani dan rohani.