Mohon tunggu...
Iin Arfiati
Iin Arfiati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa SV IPB

Selamat datang

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Adaptasi Kebiasaan Baru Menghasilkan Hobi Baru

12 Juli 2021   11:00 Diperbarui: 12 Juli 2021   11:23 109 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Adaptasi Kebiasaan Baru Menghasilkan Hobi Baru
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sudah satu tahun empat bulan semenjak diumumkannya kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada bulan Maret 2020 oleh presiden Joko Widodo. Virus ini sudah membuat seluruh negara di dunia kelimpungan dan kelelahan dalam menangani kasus yang semakin bertambah. Pemerintah sendiri sudah banyak melakukan upaya dalam menangani pandemi ini agar tidak semakin membawa banyak korban jiwa. 

Berbagai kebijakan dibuat mulai dari physical distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tahun lalu sempat diberlakukan di berbagai daerah di Indonesia, hingga yang terbaru yaitu kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan baru ini mulai berlaku pada tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 di berbagai daerah di pulau Jawa dan Bali. Bahkan pemerintah juga membuat larangan mudik menjelang hari raya Idul Fitri.


Dikutip dari kompas.com pandemi Covid-19 yang terjadi selama satu tahun lebih ini telah membuat hampir seluruh sektor di Indonesia mengalami dampaknya, seperti di sektor kesehatan dan juga sektor ekonomi yang paling mengalami dampak serius akibat pandemi ini. Melemahnya sektor ekonomi ikut mempengaruhi ketenagakerjaan di Indonesia dengan meningkatnya jumlah pengangguran. Bahkan sektor pendidikan ikut terkena dampaknya yang membuat para pelajar harus melaksanakan kegiatan belajarnya secara daring. Kondisi tersebut akhirnya membawa Indonesia untuk menerapkan kebijakan new normal atau kebiasaan kehidupan normal baru sebagai pertahanan terhadap eksistensi Covid-19.


Dengan adanya kebijakan new normal di Indonesia semua kegiatan masyarakat dalam lingkup kesehatan, sosial, dan ekonomi harus mengalami keterbatasan tidak bisa sebebas jaman dahulu sebelum pandemi melanda. Kegiatan interaksi antar sesama makhluk sosial pun  harus diminimalisir agar tidak menimbulkan penyebaran yang lebih meluas sehingga banyak masyarakat yang hanya melakukan kegiatan sehari-harinya di dalam kediaman  rumahnya masing-masing. Dikutip dari kompas.com selama pandemi tak dapat dipungkiri banyak masyarakat terlebih para remaja yang mengalami kejenuhan hingga stres karena terlalu lama berdiam diri di dalam rumah. Oleh karen itu banyak masyarakat yang mulai menjalani kegiatan yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan.


Saat ini orang-orang mulai banyak menekuni berbagai kegiatan positif yang bisa mereka lakukan selama kebijakan new normal. Di masa sekarang selain dituntut untuk selalu menjaga imunitas dan kondisi tubuh bukan hanya dengan meningkatkan daya tahan tubuh tetapi juga dituntut untuk menjaga perasaan  agar selalu bahagia. 

Semakin lama berdiam diri di rumah semakin kreatif pula masyarakat dalam mengisi waktu luang mereka. Kegiatan atau hobi baru yang dilakukan bukan hanya untuk sekedar bersenang-senang  juga dilakukan untuk meningkatkan produktifitas. Bahkan banyak dari mereka melakukan hobi barunya untuk menghasilkan pendapatan tambahan, ada juga yang ditekuni sebagai pekerjaan tetap untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Keterbatasan luang lingkup menghasilkan banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di dalam rumah untuk melepas penat dan suntuk kita selama pandemi. Beberapa hobi baru yang sedang trend dilakukan di Indonesia bukan hanya ditekuni dan digemari oleh para pemuda tetapi ada juga beberapa hobi yang digemari para orang dewasa. Banyak hal positif yang didapat dari kegiatan yang mereka jadikan sebagai hobi baru tersebut. Kegiatan tersebut dapat membantu mendekatkan anggota keluarga satu sama lain karena dapat dilakukan oleh anak dan ayah, anak dan ibu bahkan oleh seluruh anggota keluarga sekaligus.


Kegiatan bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang kini dijadikan sebagai hobi baru disaat pandemi yang memiliki eksistensi kepopuleran yang tinggi. Bahkan kini masyarakat ada yang sudah mulai menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bukan hanya sekedar untuk berolahraga pagi atau sore. Sehingga saat awal mula kesuksesan sepeda memiliki harga jual yang melambung tinggi bahkan bisa dua kali lipat, semua dikarenakan banyak orang bahkan artis ibu kota sekalipun yang mulai hobi bersepeda. Pemerintah pun kini sudah menyediakan beberapa jalur khusus bersepeda di tengah ibu kota jakarta sana.


Selain bersepeda yang dilakukan diluar ruangan ada juga beberapa kegiatan yang kini sedang digemari yang dapat dilakukan didalam ruangan seperti meningkatkan kemampuan memasak, berkebun, mulai memelihara ikan untuk menghilangkan stres, dan bahkan merajut kini sedang sangat digemari oleh kalangan muda yang dulunya hanya dilakukan oleh orang tua jaman dulu tapi kini anak muda mulai tertarik untuk belajar merajut. Mereka memulai kegiatan merajut bukan hanya untuk mengisi waktu luang tapi juga sudah banyak yang merambat hingga membuka usaha kecil-kecilan.


Penting bagi setiap orang memiliki kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu luang di kala masa pandemi ini agar tidak dilanda kejenuhan dan stres. Jadi apakah kalian sudah menemukan hobi baru yang bermanfaat disaat seperti ini? Jika belum yuk kita coba berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk jasmani dan rohani kita. Semoga kegiatan tersebut bisa menjadi hobi baru untuk kalian semua.

Penulis : Iin Arfiati

Mohon tunggu...
Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan