Mohon tunggu...
Iin DamayantiAdam
Iin DamayantiAdam Mohon Tunggu... Perawat - iin

Mahasiswa keperawatan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Unisa Yogyakarta Optimis Hadapi Covid-19

21 Januari 2022   21:22 Diperbarui: 21 Januari 2022   21:28 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pemanfaatan Teknologi Media Sosial Sebagai Wadah Pembelajaran Online Dimasa Pandemi

Tahun 2019 kemarin dunia diguncang oleh sebuah fenomena menakutkan. Fenomena yang merenggut kebebasan manusia untuk bernapas, fenomena yang mengekang manusia untuk berkeliaran bebas, fenonema yang desebut dengan "Covid-19" telah merenggut kebebasan manusia selama 3 tahun ini. entah sampai kapan manusia dipaksa untuk menggunakan masker dan juga menjaga jarak.

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Walaupun lebih banyak menyerang ke lansia, virus ini sebenarnya bisa juga menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Virus corona ini bisa menyebabkan ganguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Sehingga WHO pada tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pandemi global.

Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. Karena Indonesia sedang melakukan PSBB, maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus dihentikan sampai pandemi ini mereda.

Adanya pandemi atau Covid-19 tentunya telah menghambat kegiatan masyarakat dan kebebasan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, hal ini juga berdampak pada mahasiswa yang mengharuskan melakukan kegiatan pembelajaran online dirumah.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Dosen harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun mahasiswa berada di rumah.

Dalam rangka memutuskan rantai penyebaran penyakit virus Covid-19 Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta melakukan pemanfaatan media sosial sebagai wadah pembelajaran online, seperti e learning unisa (Lensa Unisa), zoom meeting, google meet, WAG, dan juga Discord. Pemanfaatan media sosial sebagai media untuk kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara efektif untuk keberlangsungan proses pembelajaran di Indonesia saat pandemi Covid-19.

Adapun dalam kegiatan praktikum kuliah yang pembelajarannya dilakukan secara online mahasiswa/i Unisa melakukan praktikum dan di videokan ini juga merupakan pemanfaatan media sosial yang dilakukan mahasiswa/i Unisa dalam pembelajaran. selama pandemi ada sebagian praktikum yang dilakukan melalui zoom, memang ini terdengar sulit karena untuk praktek melalui zoom harus  menyiapkan beberapa perlengkapan agar praktikum berjalan lancar, juga masalah koneksi yang harus benar-banar memiliki koneksi yang baik agar komunikasi antara dosen dan mahasiswa berjalan dengan lancar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan