Mohon tunggu...
Ihza Fachriza
Ihza Fachriza Mohon Tunggu... -

Hanya seorang pengamat dunia kesehatan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Saya Dokter Internship

11 Oktober 2013   11:31 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:41 2972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pagi hari ini saya awali dengan membuka facebook dan menyaksikan betapa serunya rekan-rekan sejawat saya ramai membicarakan sebuah tulisan berjudul "Surat Terbuka untuk Presiden SBY dari Dokter Internship" (yang ingin membaca bisa klik http://m.kompasiana.com/post/medis/2013/10/10/surat-terbuka-untuk-bapak-presiden-dari-dokter-internship-indonesia). Banyak sejawat yang kontra namun tidak sedikit juga yang pro terhadap tulisan tersebut. Tentu saya tidak akan membahas lagi tulisan tersebut.

Saya adalah seorang dokter internship yang akan menyelesaikan program Internship bulan oktober ini dan saya ingin mengajak rekan-rekan sejawat semua, baik yang pro maupun yang kontra dengan program ini, untuk melihat sisi-sisi positif yang saya rasakan. Saya memilih untuk ditempatkan di provinsi nusa tenggara timur dan dengan kebetulan saya ditempatkan di kota kupang, ibukota provinsi.

Teringat saat saya lulus dan disumpah bulan oktober 2012 dan akan segera bertugas pada bulan November 2012, perasaan takut muncul pada diri saya yang akan ditempatkan di Unit Gawat Darurat salah satu Rumah Sakit di kota kupang. Takut akan pasien yang benar-benar gawat, takut terlihat gugup didepan pasien karena kurang pengalaman, takut tidak bisa bekerjasama dengan rekan medis lainnya, dll, dsb, dst. Namun, karena adanya sejawat-sejawat senior yang mendampingi dan membimbing, perasaan takut tersebut pun akhirnya sirna dan saya mampu menjalani profesi secara mandiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak keterbatasan yang saya alami disini yaitu keterbatasan fasilitas. Kaget karena apabila dibandingkan masa pendidikan dahulu yang serba ada. Namun, saya selalu mengingat pesan dosen-dosen saya dulu yang mengatakan "...wawancara pasien dan pemeriksaan fisik dapat menegakkan 80-90 persen diagnosis" saya pun berusaha untuk terus membenahi diri dan meningkatkan kemampuan. Pesan lain yang juga selalu saya ingat juga adalah "...ujian kalian sekarang (semasa kuliah) bukan apa-apa Ujian kalian yang sesungguhnya adalah saat kalian dilepas melayani masyarakat!" dan benar adanya saya harus terus membenahi diri mengahadapi ujian ini.

Teringat saat saya pindah tugas di Rumah Sakit Rujukan Provinsi (tentu tidak bisa dibandingkan dengan kelengkapan rumah sakit rujukan di pulau Jawa). Kenapa saya katakan kelengkapan? Karena pelayanan kesehatan ditempat tersebut tidak memiliki masalah di SDM dan hanya terkendala oleh fasilitas. Perjalanan saya lanjutkan ke salah satu Puskesmas di kota ini. Puskesmas tempat saya ditugaskan adalah salah satu Puskesmas teladan di provinsi ini. Saya jadi tahu bagaimana idealnya suatu puskesmas bertindak dan manfaat puskesmas ini sangat terasa untuk masyarakat. Selain itu juga memberikan gambaran kepada saya bagaimana jika nanti saya memilih untuk bertugas di puskesmas.

Jika saya intisarikan, begitu banyak hal yang saya dapat selama menjalani Program Internship ini. Saya tidak menyesal sama sekali menjalani Program ini terlepas dari segala prokontranya. Saya memiliki gambaran bagaimana pilihan pekerjaan saya setelah ini, saya tidak akan terpacu untuk mengembangkan diri jika tidak berada di tengah keterbatasan ini. Saya juga sangat bersyukur memilih provinsi NTT sebagai tempat internship saya. Jika tidak, saya tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi dan betapa butuh bantuannya pelayanan kesehatan di luar Pulau Jawa. Dan saya juga tidak akan tahu bagaimana indahnya Tanah Airku Indonesia ini.

Untuk para senior sejawat, saya ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya kepada program dan para dokter internship yg menjalaninya. Untuk para adik calon dokter ataupun para dokter yang akan menjalani program internship, jangan pernah takut mendengar cerita-cerita yang beredar dimasyarakat menngenai program ini. Saya yakinkan kalian akan mendapatkan pengalaman yang sangat bermanfaat dimanapun kalian ditempatkan.

Akhir kata, mari kita berdoa agar program Internship ini semakin sempurna dari tahun ke tahun, semoga dunia kesehatan Indonesia semakin maju, dan semoga seluruh Rakyat Indonesia mendapatkan hak kesehatan yang sama dimanapun mereka berada.

MAJU TERUS KESEHATAN INDONESIA!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun