Mohon tunggu...
Ihsan Imaduddin
Ihsan Imaduddin Mohon Tunggu... Jurnalis

Semangat Tekad dan Berjuang adalah Tenaga Dahsyat

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Posisi Wakil Wali Kota Tanjungpinang Kosong, Siapa yang Akan Mengisi?

10 Mei 2020   15:41 Diperbarui: 10 Mei 2020   16:55 300 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Posisi Wakil Wali Kota Tanjungpinang Kosong, Siapa yang Akan Mengisi?
Ade Angga (kiri) dan Apriyandi (kanan)--dokpri


Pasca meninggalnya Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul otomatis kursi Wali Kota kosong. Dengan kosongnya kursi Wali Kota, maka Wakil Wali Kota, Rahma dengan tanpa hambatan akan segera dilantik menjadi Wali Kota Definitif hingga akhir jabatan tahun 2023.

Naiknya Rahma menjadi Wali Kota sudah sesuai dengan pasal 24 UU No 32 Tahun 2002 tentang Pemerintahan Daerah. Didalam pasal tersebut berbunyi jika Wali Kota berhalangan tetap karena meninggal dunia, permintaan sendiri, diberhentikan karena suatu pelangggaran, atau karena keputusan final pengadilan, maka Wakil Wali Kota dapat diangkat menjadi Wali Kota.

Dengan "naik kelasnya" Rahma, maka meninggalkan kekosongan pada kursi Wakil Wali Kota.

Untuk mencari sosok yang berhak menduduki kursi Wakil Wali Kota, maka perlu proses yang panjang. Yakni dengan diawali proses berembuknya partai pengusung Syahrul - Rahma pada Pemilihan Wali Kota pada tahun 2018.

Seperti kita ketahui, partai pengusung pasangan dengan sebutan SABAR ini yaitu, partai Golkar dan partai Golkar. Sedangkan partai pendukung yaitu, PKS dan PKB.

Pada pilwako 2018 lalu, Syahrul dari partai Gerindra sedangkan Rahma dari partai Golkar.

Namun seiring beriring jalannya waktu, Rahma "selingkuh" dengan partai Nasdem sehingga partai Golkar ditinggalkannya.

Setelah partai pengusung berembuk dan mendapati 2 nama calon maka nama tersebut diusulkan ke DPRD untuk segera dilakukan pemilihan Wakil Wali Kota. Sesuai pasal 176 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Penulis memprediksi bahwa masing masing partai akan mengusulkan satu nama. Diawali dengan partai Gerindra, prediksi penulis bahwa nama putra almarhum, Apriyandi akan diusulkan menjadi calon Wakil Wali Kota. Sedangkan di partai Golkar kemungkinan nama sang ketua Tim Sukses SABAR, Ade Angga.

Maka kemungkinan nama yang di usulkan partai pengusung SABAR ke DPRD ialah Apriyandi dan Ade Angga.

Apriyandi, putra almarhum Syahrul pasti sudah mendapat pelajaran politik dari sang ayah. Sehingga dipastikan apa yang dicita citakan sang ayah dapat diteruskan oleh sang putra kesayangan almarhum.

Sedangkan, Ade Angga ialah ketua tim pemenangan SABAR. Berkat tangan dinginnya, SABAR berhasil mengalahkan petahana Lis Darmansyah. Tentu, Ade Angga pasti paham akan misi visi SABAR. Karena selama kampanye, Ade Angga selalu bersama Syahrul maupun Rahma.

Tentu, akan menarik manuver dua tokoh ini untuk memperebutkan suara para anggota DPRD yang akan memilih Wakil Wali Kota pada sidang paripurna istimewa.

Masyarakat sangat berharap pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang berjalan mulus demi kelangsungan pemerintahan.

Catatan: Hanya analisis pandangan penulis saja

VIDEO PILIHAN