Mohon tunggu...
Ihda Ainaya
Ihda Ainaya Mohon Tunggu... Freelancer - Apapun, kalau ada rasa pasti tercipta sebuah karya

Saya suka mengetahui banyak hal, terutama di media sosial.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Sudah Saatnya Produktif di Masa PPKM

6 Juli 2021   21:29 Diperbarui: 6 Juli 2021   21:45 122 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sudah Saatnya Produktif di Masa PPKM
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ibarat pecah rekor, perkembangan virus covid 19 ini sudah sangat tinggi dan banyak kasus penyebab penyebaran ini. Ya, ronde ke-2 covid 19 sudah masuk di Indonesia atau istilahnya tahun keduanya covid. Tidak ada rasa senang sama sekali, yang ada hanyalah duka yang membendung disetiap penderita. Keadaannya sudah semakin parah sehingga akhirnya Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melakukan PKKM yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Hal ini dapat dipicu beberapa respon positive atau negative, namun agar tidak selalu dalam keadaan sedih ada kalanya kita dapat melakukan beberapa hal produktif semasa PKKM berlangsung. Ya, sembari mengisi kekosongan di rumah saja, ada 5 Hal yang bikin kamu produktif dimasa PKKM, simak ya:

  • Coba untuk menulis To Do List

Biasanya hal ini dilakukan ketika sehabis tidur atau kegiatan di pagi hari. Bagi kalian yang kerja, kuliah, atau sekolah bisa lakukan kegiatan ini dengan tujuan untuk memberi attantion atau memaksakan diri untuk berbuat apa. Banyak orang sukses menggunakan cara ini, agar nantinya pekerjaan atau kegiatan dalam 24 jam dapat digunakan dengan maksimal. Misal kamu punya time list yang membuat kamu bergerak atau melakukan kegiatan yang aslinya kamu tidak pernah jadi pernah. Seru banget lo, kamu juga bisa dapet ide baru dengan mencoba menuliskan to do list ini.

  • Dikala kekosongan, cari hobi yang nyaman buat kamu

Kalau bicara tentang kreatifitas, tentu banyak sekali yah. Seperti menulis journal, melukis, menulis, mendengarkan lagu, dan masih banyak lagi. Hobi itu tergantung dari kamu. Carinya bagaimana? Biasanya seseorang mendapatkan hobi dari inspirasi, kamu boleh lo lihat apa yang kalian suka dari youtube, tiktok dan lain lain. Misalnya kamu yang awalnya tidak terbiasa masak, eh liat vidio masak mencoba untuk masak. Gak apa apa, coba hal baru itu penting lo.

  • Disamping sekolah, ikut seminar, apa aja yang kamu suka!

Ada banyak seminar atau pelatihan yang bisa didapetin kalo lagi dirumahaja. Selagi masih dalam keadaan covid banyak lo sisi positive salah satunya cara untuk menambah ilmu dengan mengikuti seminar. Apapun seminar yang kalian minati, ikuti. Kalau bisa cari yang free. Keberuntungan bagi mahasiswa atau anak sekolah. Apalagi, pak nadiem baru saja menambah program MKBM lo, aduh jangan tunggu lama lagi, ikut banyak seminar. Kamu suka disigin, bikin projek sendiri, kamu suka coding belajar lewat seminar, dan masih banyak lagi! Apalagi sekarang seminar bisa dimasukan dalam CV, yuk produktif!

  • Volunteer, Intern, atau apapun yang WFH

Super banjir dunia perkantoran yang membutuhkan tenaga jasa dari pra anak muda. Volunteer, intern atau projek yang bisa dilakukan selagi WFH. Disini kalian bisa mendapatkan manfaat seperti pengalaman, sertifikat, dan masih banyak lagi. Dunia sudah digital apapun jejak digital mampu kita cari dan lacak sehingga informasi apapun mudah kita dapatkan. Banyak juga yang buka tenaga volunteer segala online dari beda daerah sampai beda negara, gila gak tuh!

  • Course, jenis yang kamu suka, ikutin!

Diantara jenis pelatihan, berbagai platform sampai universitas luar negeri memberikan kesempatan bagi anak muda untuk ikut bergabung dalam course nya, dan gratis!. Google mengadakan course, harvard university, coursera dan masih banyak lagi. Kamu bisa dapat sertifikat resmi yang dijamin kamu punya pengalaman. Makannya, ayok banyakin course kamu biar semakin produktif!

Itulah tadi, 5 Hal yang bisa buat kamu produktif. Sebenarnya untuk memulai langkah awal memang sulit, tapi coba perlahan lahan agar kamu terbiasa, misalnya kamu hanya mengikuti seminar, atau melakukan hobi kamu, its oke. Bergerak untuk pengembangkan diri adalah cara tersulit karena diri kita perlu memahami bagaimana dan seberapa sulitnya untuk bangkit dari kemalasan. Tapi kalau waktu sudah berlalu begitu cepat, dan kamu belum apa apa, masih zonk pasti rasa penyesalanlah yang Nomor 1. So, yuk produktif apalagi masih muda muda nih!, semangat!

Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan