Mohon tunggu...
I Gusti Ayu Ananda Putri
I Gusti Ayu Ananda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi perantau

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pascasarjana UAJY Siap Menerapkan Program Studi Multidisiplin

27 Oktober 2020   17:22 Diperbarui: 28 Oktober 2020   00:52 22 1 0 Mohon Tunggu...

(Yogyakarta, 21/10/20) - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)  telah berhasil mendirikan Program Pascasarjana. Saat ini, terdapat tujuh Program Studi (Prodi) yang terdapat di dalam Program Pascasarjana UAJY. Adapun tujuh program tersebut, yaitu Magister Manajemen, Magister Arsitektur, Magister Hukum, Magister Teknik Sipil, Magister Informatika, Magister Ilmu Komunikasi, dan juga Magister Teknik Industri. 

Berbeda dengan Program Pascasarjana di Universitas lainnya, Program Pascasarjana yang ada pada UAJY merupakan program studi monodisiplin, yang berarti program tersebut hanya menerima mahasiswa dengan latar belakang prodi yang sama.

Pada tanggal 15 Agustur 2020, Rektor UAJY yaitu Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D, mengeluarkan Surat Kerja (SK) yang berisikan bahwa Pascasarjana UAJY akan mengembangkan ketujuh program studi tersebut menjadi prodi yang bersifat disiplin. 

Melalui konferensi pers yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom pada tanggal 22 Oktober 2020, Direktur Pascasarjana yaitu Dr. Ir. A. M. Ade Lisantono memaparkan bahwa ketujuh prodi Pascasarjana tersebut akan mengelola dan menerapkan prodi multidisiplin. Dipaparkan juga bahwa pihak dari Pascasarjana UAJY telah membentuk tim khusus untuk mengadakan uji kelayakan dari ketujuh prodi tersebut.

Untuk menerapkan program studi multidisiplin tersebut, Program Pascasarjana UAJY telah menyiapkan lima program multidisiplin yang terdiri atas Kebencanaan, Infrastruktur, Kecerdasan Buatan, Ketahanan Pangan dan juga Pariwisata. 

"Kami sedang bersama-sama melakukan studi kelayakan mengenai kebencanaan, kebencanaan itu kan dari teman-teman FISIP bisa, Teknik Sipil, Arsitektur, dan Hukum juga. Jadi, nanti kebencanaan itu SDM hadir dari program-program studi tersebut, tidak hanya berasal dari satu program studi" tutur Ade saat menjadi pembicara pada Konferensi Pers Pascasarjana UAJY.

"Monodisiplin merupakan program studi yang hanya terkait dengan satu bidang keahlian bidang studi, sedangkan multidisiplin merupakan program studi yang akan berinteraksi satu sama lain seperti menyebrang jurusan. Saat ini sedang ada wacana untuk membuat program studi kecerdasan buatan yang melibatkan jurusan lainnya seperti kedokteran dan juga pertanian" tutur Ade sebagai Direktur Pascasarjana UAJY.

VIDEO PILIHAN