Mohon tunggu...
I Gusti Ayu Ananda Putri
I Gusti Ayu Ananda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi perantau

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ingin Website Kalian Ramai Dikunjungi? Yuk Mengenal SEM dan SEO Lebih Dekat

28 September 2020   11:08 Diperbarui: 28 September 2020   11:14 46 1 0 Mohon Tunggu...

Halo sahabat! Artikel hari ini akan membahas mengenai tips and trick mengenai cara agar website kalian ramai dikunjungi. Strategi-strategi tersebut adalah Search Engine Optimization (SEO) dan Seacrh Engine Marketing (SEM). Apakah sahabat masing terasa asing dengan kedua hal tersebut? Kalau begitu, yuk mari membaca penjelasan dibawah ini agar kalian mengetahui kedua hal tersebut lebih jelas!

Search Engine Marketing (SEM)

Seacrh Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung suatu website. Teknik SEM ini tidak bisa terlepas dari paid listing atau daftar berbayar yang diberikan oleh search engine kemudian akan dijual ke pengiklan dan setelah itu akan diberikan posisi website yang paling atas. Biasanya, perusahaan yang menggunakan teknik SEM akan membayar nominal sesuai dengan perjanjian awal dan akan diteruskan ke Ads Google, mereka merupakan pihak yang membuat website atau konten tersebut berada di urutan paling atas.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan peringkat website didalam halaman utama pencarian , seperti Google. SEO membantu penulis untuk memberikan tulisan mereka menjadi nomor pertama atau di urutan yang paling atas berdasarkan kata kunci yang dimunculkan atau digunakan di website tersebut. Menurut Daniel Kauffman, terdapat 3 hal yang membuat SEO menjadi sangat penting sebagai teknik untuk membuat traffic pengunjung meningkat, Adapun 3 hal tersebut adalah :

  • Keberadaan SEO sangat dibutuhkan karena sebesar 90% konsumen akan memilih situs di halaman utama dari Search Engine.
  • Sebesar 80% konsumen akan mendapatkan website dengan menggunakan kata kunci dalam search engine.
  • Teknik SEO bebas biaya iklan sehingga akan menekan budget untuk iklan.

SEO memiliki keunggulan sehingga mudah digunakan oleh banyak orang sehingga tidak memerlukan ahli untuk mempraktekannya.

Strategi SEO

Menggunakan teknik SEO harus menggunakan beberapa strategi yang harus dilakukan agar pengunjung laman website bertambah. Berikut beberapa strategi yang diperlukan sebagai teknik SEO :

  • Penggunaan kata kunci yang tepat sehingga mudah ditemukan oleh pengguna
  • Penggunaan nama domain atau website yang sederhana
  • Penggunaan penulisan bahasa yang baik dan benar

Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM merupakan teknik yang bisa meningkatkan peringkat website di dalam search engine. Tetapi, kedua strategi ini memiliki perbedaan. Apakah perbedaan kedua strategi ini? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

  • SEM teknik yang mengharuskan website tersebut mengeluarkan biaya sedangkan SEO gratis atau tidak berbayar.
  • SEM memiliki peluang yang lebih besar untuk tetap berada di halaman pertama sedangkan SEO sedikit susah karena banyaknya saingan yang ada.
  • SEO biasanya digunakan di konten-konten umum, sedangkan SEM biasa digunakan untuk mempromosikan suatu produk.
  • SEM lebih mudah dioperasikan dibandingkan SEO yang harus memiliki pemahaman yang lebih agar bisa menggunakannya
  • SEM dapat mengatur arus pengunjung sedangkan SEO tidak bisa mengatur tersebut
  • SEM lebih tepat jika digunakan sebagai alternatif dari kampanye jangka pendek sedangkan SEO lebih tepat digunakan sebagai alternatif kampanye jangka panjang

Jadi, harus memilih SEO atau SEM?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN