Igoendonesia
Igoendonesia Petani

Lovers, Adventurer. Kini tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Setiap Kegalauan yang Kita Rasakan, Sudah Ada Dangdut Koplonya

13 Maret 2018   15:35 Diperbarui: 13 Maret 2018   18:09 636 0 0
Setiap Kegalauan yang Kita Rasakan, Sudah Ada Dangdut Koplonya
Nella Kharisma dan Via Vallen ( foto : brilio.net)

Dangdut memang tiada duanya buat masyarakat Indonesia. Apa sebab? Selain asik buat goyang, enak didengar, lirik-liriknya juga realistis, pas memotret fenomena sosial dan apa yang terjadi sehari-hari, baik dialami oleh kita sendiri ataupun di sekitar kita.

Nah, sekarang ini lagi jamannya dangdut yang versi koplo dengan dipimpin oleh duo Dewi Dangut, Via Vallen dan Nella Kharisma. Indonesia terkoplokan dengan sempurna berkat mereka berdua.

Saat ini siapa yang tak tahu lagu 'Sayang' coba? Pejabat sampai pengangguran doyan lagu itu. Anak bocah sampai tua yang nakal maupun baik-baik faseh nyanyiin. Pelantunya pun tak hanya lintas gender, juga lintas suku. Judika yang Batak, Marion dari Kupang, Jodie dari Jogjakarta, Ghea dari Kalimantan, Ayu yang lahir di Cilegon, Kevin dari Maluku sampai Joan dari Kaimana Papua bisa menyanyikan lagu dangdut koplo itu.

Lagu 'Sayang' yang tenar berkat Via juga Nella itu emang related banget dengan kegalauan yang banyak dialami kita dulu, sekarang mungkin nanti. Pokoknya, ketika dinyanyikan, pinggul bergoyang, mulut asik menirukan dan hati tersentuh dengan liriknya. Ya nggak?

Tak hanya lagu 'Sayang', banyak lagu dangdut koplo yang mewakili kegalauan kita.  Pendek kata, setiap kegalauan kita sudah ada lagu dangdut koplonya masing-masing. Untuk membuktikannya, berikut saya sajikan beberapa dangdut koplo yang mewakili kegalauan yang bisa jadi pernah kamu, dia, saya dan kalian semua alami.

Sayang

Via Vallen - Sayang ( Foto : Youtube)
Via Vallen - Sayang ( Foto : Youtube)
Seperti sudah saya katakan, lagu ini berada dalam urutan pertama sebagai lagu dangdut koplo yang mewakili kegalauan kita kaena temanya pasti pernah dirasakan semua orang.

Sayang opo kowe krungu jerite ati ku

Mengharap engkau kembali

Sayang, nganti memutih rambut ku

Ra bakal luntur tresnoku

Kurang galau apa coba ini lagu. Jatuh cinta, ditinggalkan, mau move on tapi tidak bisa, ya begitulah cinta, deritanya tiada akhir. Versinya Via menurutku yang paling pas dan ngena dihati. Suara, ekspresi dan desahannya pas dengan pesan yang mau disampaikan lagu itu.

Konco Mesra

Ini juga lagu yang pas banget menggambarkan masalah anak jaman now, juga jaman old. Jatuh cinta dengan teman sendiri, biasalah, witing tresno jalaran soko ra ono liyo. Udah jatuh tapi susah untuk mengungkapkan, gengsi, kikuk takut merusak persahabatan. Dibilang temen tapi pengen mesraan, mau mesra-mesraan tapi cuma temen.

Yen tak sawang sorote mripatmu,Jane ku ngerti ono ati sliramu

Nanging anane mung sewates konco,Podo ra wanine ngungkapke tresno

Yen ku pandang gemerlap nyang mripatmu,Terpampang gambar waru ning atimu

Nganti kapan abot iku ora mok dukung,Mung dadi konco mesra mergo kependem cinta

Sungguh sayang aku tak bisa langsung mengungkapkan. Perasaan yang ku simpan buat ku tak tenang. Ini semua karena hubungan pertemanan. Kau sudah biasa anggap ku sebagai kawan. Adem panas awakku gara-gara kamu. Nyibakke atiku, gati menyang aku. Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu, Tansah nyoto keroso konco jadi tresno.  Syedih nggak si guys, mau ngusap pipi dia saya sampai kebawa mimpi padahal tiap hari ketemu dan bercanda ria.

Bojo Ketikung

Siapa yang pernah punya pasangan di-sliding tackle teman sendiri? Tanya Bu Dendy gmana rasanya.. haha. Mending kalau ngerebut Pak Dendy, disawenya duit.  Kalau yang lain bisa disawernya jambak... aw. Hati-hati pelakor lagi hits guys..  

Aku ra nyongko kowe tego karo konco

Jarene konco kentel, Bojoku tok sleding tekel 

Opo ra ono kimchil liyo sing seneng kowe

Nganti kowe nikung, bojone koncone dewe 

Tega nian, pagar makan tanaman, serigala berbulu domba, menggunting dalam lipatan.

Astuti

Patah hatinya ditinggal orang yang disayang itu sakiit. Lebih sakit bak luka ditabur garam jikalau alasannya dia ninggalin kamu karena kepincut dengan orang yang lebih kaya. Periiihhh... Itulah yang ingin diceritakan lagu Astuti.

Mergo aku kalah rupo, aku kalah bondo
Saiki kowe lungo ninggalke awakku
Ngopo kowe tego, jarene kowe setia

Jebul mung keju, dasare astuti, asli tukang tipu 

Guys, setang motor sama setang bunder emang lebih menarik yang bunder guys...haha  

Kimcil Kepolen

Via - Kimcil Kepolen (Foto : Youtube)
Via - Kimcil Kepolen (Foto : Youtube)

Pernah ngegebet cewe matre? Pernah kalah saing gara-gara kalah tajir? Wis kalah bondo, kalah rupo...haha. Ini lagu pas banget.

Jaremu nek ra fu koe ora I love you

Jaremu nek ra ninja koe ora cinta 

Nanging pie meneh aku wong ra nduwe

Kalah bondo menang rupo kuwi saklawase 

Jangan salahkan wanita guys. Ya materi memang bukan segalanya, tetapi menangis diatas Astrea Grand sama menangis di dalam Alphard sensainya tentu beda..

Separo Nyowo

Orang yang menjalin kasih jarak jauh alias LDR (Lelah Disiksa Rindu) lagu ini cucok banget. Pernah merasakan bijimana kangennya seseorang yang gak bisa bertatap wajah namun hanya bisa mendengar suara saja? Eh, sekarang mending ada V-Call atau Skype ya, dimana kalian bisa chat mesra sampai mesum.. haha. Bayangin dulu coba yang cuma bisa surat-suratan saja. Nelangsa...

tresnoku soyo rembunyung yen kelingan esemmu
kangenku ngelayung marang sliramu
tak titip tembang rindu lewat sumilir angin dalu
mergo adoh panggonmu aku mung biso nyawang fotomu

abot sing tak songgo iku ora sepiro
dibanding kangenku sing ning njero dodo
bingung keserang rindu urip keroso sintru
yen sampek durung keturut nyanding sliramu

Resapi deh. Syedih yaa guys. Mau nitip rindu saja hanya lewat angin malam. Kangen cuma bisa mandangin foto.

Ditinggal Rabi

Nella - Ditinggal Rabi ( Foto : Youtube)
Nella - Ditinggal Rabi ( Foto : Youtube)

Lagu ini juga perih pakai banget. Tak hanya patah hati, udah remuk guys. Sebab, tak cuma ditinggalin, si dia kawin dengan orang lain lurrr.... rasanya seperti diiris sembilu, silet ditabur merica trus garam... pedih kuadrat!

Atiku rasane loro nyawang kowe rabi karo wong liyo

Nangis getih eluhku remuk ajur rosoku kowe tego ninggal aku

Nangisnya kata Nella bukan hanya air mata biasa yang keluar tapi air mata darah.. hiks

Aku Cah kerjo

Nella dan Prabu (Foto : daily motion)
Nella dan Prabu (Foto : daily motion)

Dek lungaku ra teges cidro, Aku lagi pengen mikir kerjo

Tak jaluk kowe ojo keloro-loro, Dek tresnaku mung siji kowe

Langit bumi kang dadi seksine, Yen ning atiku ra ono wanito liyo 

Kalau sayang apapun akan dilakukan untuk membahagiakan pasangan. Salah satunya tentu materi. Nah, soal mencari materi kadang tak semua orang beruntung sehingga harus bekerja keras membanting tulang meninggalkan pasangan bahkan merantau ke negeri seberang. Nah, kegalauan antara pasangan yang LDR karena salah satunya memilih merantau digambarkan dengan pas lewat lagu dangdut koplo ini.

Bagi yang ditinggalkan kadang merasa curiga, yang meninggalkan galau dan setengah mati meyakinkan pasanganya. Lagu ini yang versi duo Nella dan Prabu paling pas ditelingaku. Lali Rasane TresnoKembali soal cinta dan ditinggalkan. Klasik memang cerita ini. Nah lagu ini juga menggambarkan fenomena itu : cinta-ditinggalkan, namun yang ini sampai membuat dia trauma bahkan lupa rasanya jatuh cinta lagi.

padange sinar rembulan seindah gemerlap lintang
wes suwe ora nyawang, opo kowe isih sayang
nganti lali rasane tresno, opo pancen wes ra ono roso
tresnoku nggo sliramu saiki wes luntur soko atiku

biyen tau ono roso ning njero dodo
sak durunge kowe nggawe aku cidro
kowe tego ninggal lungo karo wong liyo
senadyan aku iki loro aku rapopo

Pikir Keri

Yen gelem tak jak rabi, Yen ra gelem tak jagongi, Sing ra penting pikir keri
Yen kowe gelem tak sayang, Ya ojo mbok gawe bimbang, Rasah kakean alesan

Iki ati du parkiran maju mundur ra karuan. Iki ati du layangan tarik ulur sembarangan. Naning tresno iki udu es teh plastikan. Sing mbok cantelke lalu engkau tinggalkan. Janjimu koyo mendung ditunggu ora udan. Tresnaku kesandung aku jebul kapusan. Jodo bakal tekan ora bakal kijolan. Nek Jodo yo mantenan nek ora tep syukuran.

Lagu terbaru Via Vallen ini saik banget. Asik dan maknanya juga mendalam, yaitu, menggambarkan orang yang geregetan punya pasangan mencla-mencle, tidak tegas dan suka menggantung. Saya suka quot ini : 'Janjimu seperti mendung ditunggu tidak hujan'

Dalan Anyar

Pernah memergoki pacarmu selingkuh? Aih, ini lagu pas banget jadi theme song-nya. Ternyata cinta dan setiamu hanya dibibir saja, dibelakangku kau selingkuh dan buktinya tidak hanya kata orang tetapi melihat dengan mata kepala sendiri.

Penyanyi dan pencipta lagu aslinya Didi Kempot, tetapi ketika dikoploin versinya Nella asik-asik joss.


Kembang tebu sing kabur kanginan, Saksi bisu sing dadi kenangan

Prasetyamu kui mung kiasan, Tresnamu saiki wis ilang
Neng dalan anyar kowe karo sopo, Aku ngerti dhewe neng ngarepe moto

Neng dalan anyar kowe karo sopo, Neng kulon Terminal Kertonegoro



Sebenarnya daftar lagu koplo yang mewakili kegalauan kita masih berderet, tapi cukup segitu saja ya guys. Daftar dan kisahnya antara kamu dan dangdut koplo silahkan tambahin sendiri..

Koplo Forever!