Mohon tunggu...
IGO FEBRIANTO
IGO FEBRIANTO Mohon Tunggu... Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya

Follow Akun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Corona Mengubah Ekonomi Indonesia?

6 Mei 2021   21:53 Diperbarui: 6 Mei 2021   22:26 36 1 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan ekonomi merupakan unsur penting dari sebuah Negara yang berisi tindakan manusia melibatkan proses produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa dalam setiap tingkatan masyarakat. Terbaru ditahun 2020 awal menjadi tahun terberat bagi Indonesia khususnya dan dunia umumnya, wabah corona atau covid-19 melemahkan hampir seluruh Negara termasuk Indonesia.

Kondisi ekonomi Indonesia saat ini tidak dapat dikatakan bagus atau sedang baik-baik saja bahkan terbilang buruk. Pemberlakuan peraturan baru dari pemerintah agar penyebaran virus tidak meluas, memberikan dampak baik atau buruk. Berikut adalah kondisi ekonomi Indonesia dampak covid-19:

1. Pertumbuhan disektor informasi dan komunikasi dampak covid-19 tercatat mengalami penurunan  pada triwulan l 2020 turun drastis menjadi 2,97 persen (yoy) dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,07 persen, dan perlambatan ekonomi diperkirakan akan berlanjut di triwulan ll 2020.

2. Penurunan wisatawan dampak covid-19  membuat sektor wisata diujung tanduk

Adanya larangan keluar masuk dari dan juga ke Indonesia sangat dibatasi. Hal ini tentu saja berujung pada penurunan dalam sektor wisata, di mana pada triwulan I tahun mengalami penurunan hingga 34,9 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

DAMPAK CORONA BAGI PERHOTELAN KHUSUSNYA:

  • Setidaknya sebanyak 10.000 ribu hotel dan restoran terpaksa tutup

selama pandemic dan baru operasional kembali pada pertengahan juni 2020 lalu

  • Kerugian capai Rp 85,4 Triliun
  • Kerugian yang diterima kedua sektor ini bila ditotal bisa mencapai Rp. 70 Triliun. Bila ditambah dengan maskapai penerbangan dan operator tur mencapai Rp. 85,4 Triliun.
  • PHK Karyawan 

Kerugian yang diderita seluruh sektor di industri pariwisata tersebut mengakibatkan perusahaan terpaksa merumahkan hampir lebih dari 95% tanpa gaji selama pandemi

  • Transportasi juga bertumbuh negatif dampak covid-19 

Pemberlakuan PSBB atau pembatasan skala besar-besaran membuat sektor transportasi juga terkena dampak. Kamar dagang dan industri (kadin) bidang perhubungan telah melakukan rapat, "dari rapat yang telah kami gelar, dapat disimpulkan masing-masing moda sudah mulai terdampak dari pandemi covid-19

Perekonomian Indonesia dapat dikatakan mengalami penurunan akibat pandemic virus korona (covid-19), namun melihat dari perkembangannya ekonomi Indonesia diprediksi masih bisa tumbuh positif atau berangsur-angsur membaik karena Indonesia termasuk Negara besar dengan kekayaan sektor pariwisata, sektor pangan yang sehat, sektor obat-obatan dan sektor lainnya.

VIDEO PILIHAN