Mohon tunggu...
Lantip Waspodo
Lantip Waspodo Mohon Tunggu... Lainnya - menulis apa yang mau ditulis

Nick Name : Ood

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Hoax Isu Aspartam, Edisi Alternatif

20 Mei 2015   15:13 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:47 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya di kompasiana dengan Judul “HOAX Isu Aspartam, Berita Basi yang Muncul Kembali” tanggal 4 Mei 2015.

http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2015/05/04/hoax-isu-aspartam-berita-basi-yang-muncul-kembali-742657.html

Tidak bisa dipungkiri bahwa isu-isu kesehatan masih menjadi sorotan kita. Orang menjadi semakin waspada dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Terkadang orang lebih percaya omongan atau pendapat orang awam daripada informasi dari para ahli.

Sebagai contoh isu aspartam ini, BPOM sudah memberikan klarifikasi bahwa aspartam dikategorikan sebagai bahan yang aman tetapi masih saja ada yang meragukan hal tersebut. Semua kembali kepada individu masing-masing.

Untuk mencari alternatif bagi yang meragukan keamanan aspartam, saya mencoba hunting di pasar dan di warung makan minuman serbuk dengan gula asli. Sulit memang untuk mendapatkannya karena produk minuman serbuk yang menyatakan menggunakan gula asli sepertinya belum familiar.

Tetapi akhirnya saya menemukan di Alfamart produk dengan gula asli namanya Fruitz.

[caption id="attachment_418833" align="aligncenter" width="360" caption="Fruitz di minimarket"][/caption]

Pada kemasannya, tertera tulisan dengan gula asli. Saya melihat nomor BPOM RI tertera di kemasan tersebut. Setahu saya BPOM juga mengecek antara yang tertera di kemasan dengan isi produknya. Hal ini meyakinkan saya bahwa produk Fruitz ini memang benar menggunakan gula asli.

Di Alfamart saya melihat ada 2 rasa, yaitu Florida Orange (jeruk florida) dan Pink Guava (jambu biji) dan saya membeli keduanya untuk dicoba dirumah. (kebetulan ada promo gratis oreo)

Setelah dicoba..

Soal rasa buahnya, sesuai dengan informasi rasa yang disampaikan. Rasa jeruknya terasa kecut manisnya dan ada rasa kulit jeruknya mirip seperti memeras jeruk sendiri. Rasa jambu biji rasanya persis seperti jambu biji beneran. Soal rasa saya cocok.

Perbedaan yang terasa dibandingkan dengan produk lainnya adalah Fruitz manisnya tidak sepekat seperti produk minuman serbuk lainnya. Mungkin inilah perbedaan antara gula asli dan pemanis buatan. Menurut saya manisnya Fruitz sudah pas, rasanya seperti kita membuat jus buah sendiri. Tetapi bagi orang yang sudah terbiasa minum manis akan menyatakan bahwa Fruitz kurang manis.

Setelah tahu produk Fruitz, saya menjadi lebih peka terhadap produk ini dan setelah itu sempat saya melihat di beberapa warung, ada yang jual Fruitz walaupun belum banyak. Ternyata Fruitz tidak hanya jeruk dan jambu saja, dia memiliki rasa yang lainnya, yaitu sirsak ratu, anggur merah dan jeruk nipis.

[caption id="attachment_418834" align="aligncenter" width="399" caption="warung jus yang jual fruitz"]

14321088001678331683
14321088001678331683
[/caption]

Nah, bagi anda yang masih takut dengan aspartam (walaupun aspartam aman) maka saya merekomendasikan Fruitz dengan gula asli sebagai pengganti minuman serbuk buah anda.

[caption id="attachment_418838" align="aligncenter" width="328" caption="Fruitz bikin sendiri"]

1432109305667946950
1432109305667946950
[/caption]

Silahkan dicoba.

by. IL

Sumber Gambar : Foto Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun