Mohon tunggu...
Ignasia Dyah M P
Ignasia Dyah M P Mohon Tunggu... Communication Science Student

Hanya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 18 yang lagi sering menulis

Selanjutnya

Tutup

Media

Jurnalisme Online versus Jurnalisme Multimedia

14 September 2020   20:26 Diperbarui: 14 September 2020   20:38 76 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurnalisme Online versus Jurnalisme Multimedia
123rf.com

Kegiatan jurnalisme sangat erat kaitannya dengan proses pengumpulan dan penerbitan suatu informasi menjadi sebuah berita. Jurnalisme semakin berkembang dengan kehadiran internet, sehingga memunculkan jurnalisme online dan jurnalisme multimedia.

Walaupun keduanya sama sama menggunakan jaringan internet, jurnalisme online dan jurnalisme multimedia memiliki perbedaan.

Jurnalisme Online

Jurnalisme online merupakan aktivitas jurnalisme yang dilakukan dengan basis jaringan internet, di mana produksi konten yang meliputi audio, video, dan teks disebarkan melalui World Wide Web. Jurnalisme online dapat ditempatkan ke dalam dua domain yaitu, editorial content sampai public connectivity dan tingkat komunikasi pasrtisipatoris.

Domain pertama yaitu, Editorial content merupakan teks (kata-kata yang ditulis maupun diucapkan serta gambar-gambar yang diam maupun bergerak) yang dibuat atau diedit oleh jurnalis, sedangkan public connectivity merupakan komunikasi publik tanpa perantara atau hambatan dalam proses editing atau moderation.

Selanjutnya domain kedua yaitu, komunikasi partisipatoris. Sebuah situs dapat dikatakan terbuka jika menyediakan fitur yang memungkinan pengguna untuk memposting dan berbagi komentar tanpa adanya campur tangan dari pihak lain.

Mark Deuze (Widodo, 2020, h. 22-23) membagi jurnalisme online ke dalam 4 jenis :

Mainstream News sites
Media online yang paling banyak tersebar adalah situs mainstream news. Situs ini biasanya menawarkan dua pilihan editorial content, yang disediakan oleh media induk yang terhubung dengan media induk itu sendiri (linked) atau yang memang sengaja diproduksi untuk versi web.  Tingkat partisipatorisnya cenderung tertutup. Contohnya seperti kompas.com

kompas.com
kompas.com
Index dan Category sites
Jurnalisme pada jenis ini dapat dikaitkan dengan search engines (mesin pencari) tertentu. Jurnalis online memberikan links yang mendalam ke situs-situs berita yang ada di dalam World Wide Web.

Kebanyakan situs semacam ini tidak memberikan editorial content yang diproduksi secara pribadi, namun terkadang situs ini menawarkan ruang untuk chatting atau bertukar berita, tips, bahkan hingga links untuk publik. Contohnya seperti google

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x