Mohon tunggu...
IG TEGUH EKO
IG TEGUH EKO Mohon Tunggu... Trainer Pengembangan SDM, Praktisi Pendidikan.

Trainer Pengembangan SDM, Praktisi Pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tumbuh Menjadi Pribadi yang Berkarakter

12 Maret 2021   23:14 Diperbarui: 12 Maret 2021   23:24 153 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tumbuh Menjadi Pribadi yang Berkarakter
dok. pribadi

Sekolah Stella Maris, Jakarta Utara mengadakan kegiatan Spiritual Motivation secara virtul pada Hari Jumat, 12 Maret 2021. Tema yang diangkat adalah "Tumbuh Menjadi Pribadi yang Berkarakter" dengan pembicara Bapak Ig. Teguh Eko Priyantanto seorang motivator dan praktisi pendidikan.

Kegiatan ini adalah kabar gembira bagi orang tua kerena sekolah sungguh memperhatikan perkembangan karakter peserat didik. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas IX SMP Stella Maris, merupakan agenda tahunan sekolah. Momentum ini bertepatan dengan persiapan peserta didik mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS). Kegiatan berjalan dengan baik dan lancer, sampai pukul 15.00 WIB.

Pembentukan karakter menjadi perhatian bagi kita semua terlebih bagi institusi pendidikan. Sekolah sudah semsetinya memberikan fasilitas untuk peserta didik untuk mengembangkan karakter sesuai dengan visi dan misi sekolah. Terlebih di masa pandemi seperti ini. Pendidikan karakter akan berlangsung sampai seumur hidup. Semua mengambil peran dalam pembentukan karakter anak, baik keluarga, lingkungan, maupun sekolah. Seorang anak akan belajar dari apa yang dilihat dan diamati. Maka orang tua dan guru menjadi role model untuk memasuki pergaulan dalam lingkungan.

Kegiatan Spiritual Motivation merupakan wujud cinta dan keberpihakan sekolah dalam pengembangan karakter peserta didik. Usia SMP memasuki masa pencarian jati diri dan persaingan. Oleh karenanya anak mengalami fase konflik antarpersonal, dan konflik sosial.

tangkapan layar
tangkapan layar
DISIPLIN 

Dalam kegiatan ini, Kak Teguh  mengajak peserta untuk memahami dan memiliki sikap disiplin sebagai bagian dari talenta yang sudah Tuhan berikan. Disiplin menjadi karater yang integral dalam setiap pribadi. Sikap yang perlu dimiliki peserta didik untuk maraih cita-cita dan impian dalam hidup.  Setiap orang memiliki kemapuan walau hanya satu. Kemampuan yang dimiliki bisa berbeda dengan yang lainnya, namun memiliki tanggung jawab yang sama yaitu mengembangkan kemampuan  tersebut.

Ketika kemampuan itu dikembangkan maka pujian dan penghormatan layak untuk diterima, namun sebaliknya jika kemampuan itu hanya dipendam dan tidak dikembangkan maka diri ini akan merasa terasing dari pergaulan. Ini gambaran dari mendapat kebahagian seperti tuannya dan sebaliknya akan dilempar ke tempat yang gelap dan penuh dengan kertak gigi.

TOLAK GODAAN

Mengambil kisah godaan iblis saat puasa dalam   sesi " Godaan dan Tantangan Hidup". Menjadi pribadi yang berkarakter tegas dalam menolak godaan, tidak ada kata tawar menawar menghadapi bujukan iblis. Godaan untuk mencari kenikmatan dalam hidup, enggan dengan perjuangan dan ingin menikmati kesenangan adalah godaan yang paling dasar.

Peserta mampu menemukan dan merasakan godaan iblis di zaman sekarang yang beralih rupa dalam bentuk berlebihan dalam menggunakan gadget. Sikap malas dan mager (males gerak) menjadi hal yang dominan yang dirasakan para siswa.

tangkapan layar
tangkapan layar
Pada akhirnya, peserta dibekali dengan motivasi sebagai pegangan dalam hidup. Setiap manusia akan melakukan apapun dengan penuh keyakinan jika memiliki dorongan yang kuat dari dalam diri yang dinamakan motivasi. Jika hidup tanpa impian dan motivasi bagaikan handuk basah yang tergeletak di lantai -- terpuruk tanpa daya. Selamat menempuh PTS, kejujuran adalah karakter terpuji dalam mengerjakan setiap soal dalam ujian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN