Mohon tunggu...
Iftitah Nuriyah
Iftitah Nuriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Jember Fakultas Teknik Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Potensi Taman Nasional Baluran dalam Mendorong Perekonomian Daerah

21 September 2022   19:50 Diperbarui: 21 September 2022   20:04 239 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Taman Nasional Baluran berlokasi dekat dengan perbatasan Situbondo dan Banyuwangi yang merupakan wisata alam paling ramai dikunjungi. Lokasinya berada di sisi utara Taman Nasional Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk mengisi hari libur kita karena akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah.

Taman Nasional Baluran dengan branding wisata "Africa Van Java" merupakan destinasi wisata pantai yang saat ini mulai dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat, karena sangat berpotensi menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, karena saat musim kemarau kita disuguhkan dengan pemandangan yang mirip dengan daratan di Afrika. 

Namun, di saat musim hujan pemandangan disana sungguh mempesona, serba hijau dengan lebatnya rerumputan dan pepohonan yang membuat mata tak bisa berhenti untuk memandanginya. 

Macam -- macam jenis tumbuhan yang ada di Taman Nasional Baluran di antaranya yaitu: Tumbuhan Kemiri, Tumbuhan Widoro Bukol, Tumbuhan Gebang, Tumbuhan Api -- api, Tumbuhan Kendal, Tumbuhan kepuh, Tumbuhan Mimba, Tumbuhan Pilang, Tumbuhan Asam Jawa, Tumbuhan Gadung, dan Tumbuhan Salam serta masih banyak jenis lainnya.

Ada beberapa spot daya tarik yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Baluran. Dari luasnya padang Sabana Bekol, lebatnya hutan hijau Evergreen Forest, hingga keindahan laut di Bama. 

Selain itu juga ada beberapa destinasi lain seperti Curah Tangis, Gua Jepang, Kajang, Balanan, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, dan Pandean atau Candi Bang. Objek wisata Taman Nasional Baluran memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 25.000 ha. 

Di lokasi tersebut terdapat dua tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal, yaitu tempat wisata Sabana Bekol dan tempat wisata Pantai Bama. 

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, Taman Baluran ini memiliki hamparan sabana terluas di Pulau Jawa dan taman ini merupakan perwakilan dari ekosistem hutan kering yang ada di Pulau Jawa. 

Yang dimaksud sabana itu sendiri yaitu padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia.

Selain menawarkan keindahan alam seperti padang sabana, Taman Baluran Situbondo ini juga memiliki satu tempat penangkaran satwa banteng Baluran. Hewan banteng terkenal sebagai maskot Taman Nasional Baluran, karena di depan gerbang Taman Nasional Baluran terdapat gambar banteng yang menjadi logo maskot lokasi taman nasional ini. 

Agar populasi banteng tidak punah maka dibuatlah penangkaran banteng Jawa di lokasi area ini. Untuk beradaptasi banteng ini juga dibuatkan kandang khusus lengkap dengan padang rumput dan hutan agar nantinya bila dilepas di alam liar banteng-banteng ini sudah terbiasa. Selain banteng, jenis satwa yang terdapat di objek wisata Taman Nasional Baluran yaitu diantaranya Kerbau liar, Kancil, Kijang, Macan Tutul, Rusa, kucing bakau dan lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan