Mohon tunggu...
Iftita diankhumairoh
Iftita diankhumairoh Mohon Tunggu... Lainnya - Iftita2904

IFTITA DIAN KHUMAIROH 3130020006 SISTEM INFORMASI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keaneka Ragaman Bahasa yang indah

5 November 2020   12:20 Diperbarui: 5 November 2020   12:26 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ragam bahsa memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda, yang pertama yaitu ragam bahasa dilihat dari segi pengaturannya,yang kedua dilihat dari cara berkomunikasi,yang ketiga dilihat dari topik pembicara. Pengertian ragam bahasa adalah suatu variasi bahasa yang berbeda-beda tergantung suku daerah masing-masing.di indonesia ini terdapat ragam bahasa hampir 7000 bahsa yang berbeda diantaranya itu bahsa mandarin,ingris dan spanyol. Kalau didaerah saya ini bahasa dari nenek moyang saya itu bahasa jawa karena saya orang jawa dan kalau saya dikampus atau di daerah mana pastinya bahasa saya berbeda kalau dikampus saya berbahasa indonesia baik sama dosen atau kakak tingkat saya. Dan didaerah saya ini juga banyak bahasa-bahasa yang berbeda diantaranya bahasa madura,bahsa jawa alus,bahasa jawa kasar,bahasa mandarin dan lain sebagainya. Nah sekarang saya mau ngasih tau macam-macam ragam bahsa dilihat dari cara berkomunikasi, ada 3 macam yang pertama secara lisan,ragam bahasa tersebut mempunyai arti bahwa cara berbicaranya tergantung orang yang diajak berbicara dan kita harus memperhatikan kosa katanya,tata cara ber bahasa,dan lafal dalam pengucapannya.ragam bahasa lisan ini juga mempunyai contoh diantaranya yaitu ragam bahasa cakapan,ragam bahasa kuliah,ragam bahasa pidato. Yang kedia itu ragam bahasa tulis,ragam bahasa tersebut mempunyai arti bahasa yang melalui tulisan dengan huruf yang pada dasarnya,seperti ragam bahsa teknis,ragam bahasa perundang-undangan,ragam bahasa catatan dan lain sebagainya. Yang ketiga yaitu ragam bahasa yang dilihat dari topik pembicara arti dari ragam bahsa tersebut yaitu bahasa yang harus diperhatikan oleh lawan jenis seperti ketika kita diajak bicara dengan seseorang. Nah disini saya akan menjelaskan tentang ragam bahsa sosial,ragam bahasa sosial adalah ragam bahsa yang dilakukan oleh keluarga atau teman atau dengan sahabat atau disebut juga bahasa yang bagian bahsa normal pada dasarnya. Yang kedua disini saya akan menjelaskan tentang bahasa jurnalistik ragam bahasa tersebut juga mempunyai arti yang artinya bahasa tersebut digunakan oleh seorang pada saat mengirim surat kepada seseorang yang berkepentingan. Ragam bahasa juga mempunya latar belakang yang ditimbulkan oleh budayah,sastra,sejarah atau pun letak geografis. Ragam bahasa pada dasarnya berasal dari nenek moyang pada zaman dalu. Pada zaman dahulu ada seorang anak bayi yang dikurung dan bayi tersebut belom bisa bicara atau belom bisa berkata apapun itu pada saat itu seorang bayi itu seketika bisa mengatakan sebuah kata yaitu kata ROTI, Nah itu tadi pengertian ragam bahsa,jenis ragam bahasa dan sejarah ragam bahasa. Kurang lebihnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun