Mohon tunggu...
Iffat Mochtar
Iffat Mochtar Mohon Tunggu... Profesional

Country Manager di sebuah Perusahaan Swasta Asing yang bergerak di sektor Pertambangan. Berdomisili di kota minyak Balikpapan, Kalimantan Timur. Memiliki banyak ketertarikan di bidang marketing, traveling, kuliner, membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Artikel Utama

Semarak Pasar Ramadhan di Kota Balikpapan

19 April 2021   09:43 Diperbarui: 19 April 2021   16:01 1393 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semarak Pasar Ramadhan di Kota Balikpapan
Suasana Kemeriahan Pasar Ramadhan di Kota Balikpapan | Dokumen Pribadi

Bulan Ramadhan menjadi saat yang selalu dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh berkah menawarkan berlipat-lipat pahala bagi seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Bulan Ramadhan tahun 2021 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Walaupun sama-sama masih dalam suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19, namun tahun ini suasananya jauh lebih semarak. 

Hal ini ditandai dengan mulai banyaknya orang-orang yang berani berkumpul baik di tempat-tempat keramaian seperti di pasar-pasar ramadhan juga sudah diperbolehkannya umat muslim untuk mengadakan ibadah sholat tarawih berjamaah di masjid-masjid walaupun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Demikian pula dengan tradisi berjualan takjil pada sore hari menjelang berbuka puasa. Tahun ini kelihatan mulai terasa ramai kembali hampir mirip dengan tahun-tahun sebelum terjadinya pandemi. Ini tentu saja sangat menggembirakan kita semua. 

Selain masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan berbagai jenis takjil untuk berbuka puasa juga roda perekonomian kembali mulai menggeliat serta para pedagang juga bisa kembali mendapatkan rejeki di bulan puasa ini.

Spanduk-spanduk dan billboard yang bertuliskan "Marhaban Ya Ramadhan" mulai menghiasi sudut-sudut kota, pertokoan, mall, perhotelan dan tempat-tempat keramaian lainnya. 

Demikian pula dengan pasar ramadhan, seolah seperti jamur yang tumbuh sehabis musim hujan, tiba-tiba banyak bermunculan di mana-mana pada bulan Ramadhan kali ini. 

Musik-musik religi juga sudah mulai berkumandang di pusat-pusat perbelanjaan. Masyarakat pun mulai bersemangat lagi untuk menyambut perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini setelah tahun lalu sempat sepi akibat pandemi Covid-19.

Saya mencoba menyusuri kota Balikpapan pada hari Sabtu sore tanggal 17 April 2021, sekitar satu setengah jam menjelang waktunya berbuka puasa atau dikenal dengan istilah "ngabuburit".

Kegiatan ngabuburit saat ini begitu populer tidak hanya di kalangan anak muda saja tetapi juga para orang tua dan anak-anak juga ikut menikmati kegiatan ngabuburit ini. 

Ada yang hanya sekadar mencari takjil, lauk pauk atau masakan siap saji lainnya untuk menu berbuka puasa di rumah. Tak sedikit pula yang memanfaatkan waktunya untuk mengobrol dan bercanda bersama teman-temannya juga tak lupa sekali waktu berfoto ria untuk mengabadikan momen ngabuburit tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN