Mohon tunggu...
Iffat Mochtar
Iffat Mochtar Mohon Tunggu... Profesional

Country Manager di sebuah Perusahaan Swasta Asing yang bergerak di sektor Pertambangan. Berdomisili di kota minyak Balikpapan, Kalimantan Timur. Memiliki banyak ketertarikan di bidang marketing, travelling, kuliner, membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Resep Kakap Asam Manis yang Menggugah Selera

18 Januari 2021   08:00 Diperbarui: 22 Januari 2021   12:52 450 20 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Kakap Asam Manis yang Menggugah Selera
Menu Ikan Kakap Asam Manis ala Resto | Dokumen Pribadi

"Mengapa harus bayar mahal untuk makanan enak yang bisa dimasak sendiri di rumah?"

Saat ini sedang banyak dijual ikan kakap dan berbagai jenis ikan lainnya di pasar-pasar di Kota Balikpapan. Mungkin karena sekarang ini sedang musim angin barat sehingga banyak nelayan yang berani melaut karena angin bertiup tidak terlalu kencang dan gelombang air laut pun tidak terlalu tinggi.

Karena melimpahnya pasokan ikan dari nelayan sehingga harga ikan pun dijual cukup murah berkisar pada harga Rp 45.000 hingga Rp 50.000 per kilogram. Biasanya dipatok di kisaran harga Rp 60.000 hingga Rp 70.000 per kilogramnya.

Pada saat berbelanja di Pasar Klandasan Balikpapan minggu yang lalu, saya tertarik untuk membeli ikan kakap merah, selain kelihatannya masih fresh, harganya pun cukup murah. Walaupun banyak jenis ikan lainnya yang juga menarik perhatian saya untuk membelinya.

Ikan kakap merah ini rencananya akan saya masak kakap asam manis dengan terlebih dahulu di-fillet dagingnya kemudian dibalur dengan tepung yang sudah dibumbui setelah itu digoreng renyah baru kemudian disiram dengan saos asam manisnya. 

Masakan seperti ini biasanya disajikan oleh restoran-restoran seafood terkenal dan kali ini saya ingin menghadirkannya di rumah saya dengan olahan tangan saya sendiri.

Saya membeli ikan kakap merahnya hanya 1 ekor saja dengan berat sekitar 1 kilogram yang harganya hanya Rp 50.000. 

Kalau diolah sendiri menjadi masakan Ikan Kakap Asam Manis maka biaya yang dikeluarkan, saya hitung hanya sekitar Rp 75.000 saja itu pun sudah termasuk dengan harga untuk membeli bahan dan bumbu-bumbu lainnya. 

Tetapi jika Anda membeli masakan Kakap Asam Manis ini di restoran seafood, biasanya untuk 1 porsinya dihargai sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 tergantung dengan restorannya masing-masing. 

Jadi paling tidak kita sudah bisa berhemat antara Rp 75.000 hingga Rp 125.000 per porsinya. Memang sekarang ini kita perlu berhitung-hitung secara ekonomisnya apalagi di saat pandemi seperti ini banyak orang yang terdampak kurang baik terhadap pemasukan sehari-harinya sehingga perlu memikirkan setiap pengeluarannya agar bisa lebih berhemat.

Perpaduan rasa asam, manis, gurih dan sedikit pedas serta daging ikannya yang renyah menambah kelezatan dari masakan Ikan Kakap Asam Manis ini. Sehingga menu masakan yang satu ini merupakan menu yang sangat populer di kalangan penikmat kuliner, tidak hanya orang tua tetapi anak-anak pun sangat menyukainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x