Mohon tunggu...
Ifa Hikmah
Ifa Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Salah satu mahasiswa di Semarang yang suka dengan membaca, menulis, dan tertarik dengan desain.

Selanjutnya

Tutup

Financial

6 Tahap Perencanaan Keuangan yang "Wajib" Kamu Tahu

1 Juli 2021   22:10 Diperbarui: 1 Juli 2021   22:24 1054
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://unsplash.com

Beberapa pekan yang lalu, saya mengikuti kelas "Financial Planning" secara online. Di kelas itu, saya mendapat banyak insight terkait pentingnya perencanaan keuangan dan investasi. Jadi, di sini saya ingin berbagai ilmu yang saya dapat terkait pentingnya perencanaan keuangan. 

Perencanaan Keuangan adalah hal yang sangat penting agar dapat mencapai tujuan keuangan yang efektif dan efisien. Dengan merencanakan keuangan, seseorang akan dapat mencapai kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan. 

 Failing to plan is planning to fail-Alan Lakein

Saat seseorang gagal dalam merencanakan berarti merencanakan sebuah kegagalan. Jadi, menurut saya penting sekali pengetahuan terkait perencanaan keuangan agar tujuan keuangannya berhasil, tentunya bagi orang-orang yang mempunyai goals financial, baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Setiap orang mungkin memiliki caranya masing-masing dalam mencapai tujuan keuangan agar dapat mengatur keuangan dengan versi  terbaik mereka, termasuk saya sendiri. Namun, setelah mengikuti kelas financial planning, saya merasa lebih terarahkan terkait bagaimana tahapan dalam membuat perencanaan keuangan yang baik. 

Berikut 6 tahap perencanaan keuangan yang saya peroleh dari mengikuti kelas online dan berbagai referensi yang saya cari di internet:

Tentukan Tujuan Keuangan

Pada tahap pertama, mulailah dengan mencatat tujuan keuangan. Kita dapat membuat wishlist baik dalam jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Contohnya: Liburan ke luar negeri, beli motor, mobil, rumah, dan lain-lain. 

Dari semua keinginan tersebut, tentukanlah estimasi biaya yang dibutuhkan dan jatuh tempo untuk mewujudkan keinginan atau mimpi tersebut. Kita dapat membuat daftar keinginan atau mimpi dengan urutan seperti dibawah ini:

Mimpi: Beli Motor
Biaya: 24 Juta
Jatuh tempo: 2 Tahun

Hitunglah Kebutuhan Dana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun