Mohon tunggu...
Ifan Rosiadi
Ifan Rosiadi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Aku menulis maka aku ada.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kerja Bakti Pemotongan Hewan Qurban Desa Cangkringsari bersama Mahasiswan KKN UM Sidoarjo

22 Juli 2021   22:30 Diperbarui: 22 Juli 2021   22:41 42 0 0 Mohon Tunggu...

SIDOARJO- Hari Raya Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam yang biasa diperingati dengan penyembelihan hewan qurban, bermula ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Pemerintah resmi menetapkan 10 Zulhijah 1442 Hijriah atau Idul Adha 2021 jatuh pada hari Selasa 20 Juli 2021. Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha, Mahasiswa KKN UM Sidoarjo bersama karang taruna membuat program kerja bakti untuk Masyarakat Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. 

Program tersebut terdiri dari beberapa kegiatan mulai dari pembersihan Masjid sebelum hari raya hingga pemotongan hewan qurban. Tepatnya di Dusun Keben dan Jebug, kelompok mahasiswa KKN melakukan persiapan peringatan Hari Raya Idul Adha dengan membersihkan dan mengkondisian masjid agar siap digunakan untuk ibadah sholat Idul Adha. Selain membersihkan masjid Mahasiswa KKN UM Sidoarjo juga menyemprotkan cairan disinfektan agar masyarakat desa lebih aman dalam ibadah mesipun dimasa pandemi. Beberapa alat sholat seperti mukenah, sajadah, dan lainnya juga di cuci bersih.

Gambar 2 Mahasiswa KKN UM Sidoarjo bersama karang taruna Desa Cangkringsari kerja bakti membersihkan Masjid dan menyemprotkan disinfektan (18/7). Dokpri
Gambar 2 Mahasiswa KKN UM Sidoarjo bersama karang taruna Desa Cangkringsari kerja bakti membersihkan Masjid dan menyemprotkan disinfektan (18/7). Dokpri

Peringatan Hari Raya Idul Adha yang bertepatan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menyebabkan adanya aturan yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha dan prosesi penyembelihan hewan qurban tahun ini. Warga Desa Cangkringsari khususnya yang bertempat tinggal di wilayah Dusun Keben dan Dusun Jebug mengadakan sholat Idul Adha di masing-masing Masjid dengan protokol kesehatan dan pembatasan yakni tidak diperkenankan warga luar desa untuk sholat di masjid tersebut. Selepas melasanakan sholat Idul Adha, warga melaksanakan prosesi penyembelihan hewan qurban.

Mahasiswa KKN UM Sidoarjo ikut serta membantu warga desa dalam kegiatan penyembelihan hewan qurban sebagai wujud bakti mahasiswa kepada masyarakat, anggota KKN dibagi menjadi dua tim, sebanyak 6 orang bertugas di dusun Keben dan 5 orang di dusun Jebug. Di majid dusun Keben pemotongan hewan qurban berupa 2 sapi 27 kambing dimulai pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 2 siang. 

Menurut Wahyuni Dwi Andriani Ketua pelaksana kerja bakti Idul Adha dari KKN UM Sidoarjo, prosesi penyembelihan hewan qurban berjalan lancar. "Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban berjalan dengan lancar dan antusias warga tinggi sekali mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pendistribusian daging kepada masyarakat Desa Cangkringsari juga berjalan lancar dilakukan secara merata kepada kurang lebih 660 KK dan 22 RT," ungkapnya. 

Sedangkan di masjid Dusun Jebug kegiatan dimulai lebih pagi yakni pukul setengah 8 pagi. Sebanyak 2 ekor sapi dan 18 ekor kambing berhasil disembelih dan siap dibagikan kepada masyarakat dalam waktu 4 jam. Semua masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan. Pemotongan hewan qurban diakhiri dengan kegiatan makan bersama yang diolah langsung oleh ibu-ibu PKK setempat.

Gambar 3 Prosesi Penyembelihan hewan qurban di Masjid Zainuddin Dusun Keben Desa Cangkringsari Sidoarjo (Dokpri)
Gambar 3 Prosesi Penyembelihan hewan qurban di Masjid Zainuddin Dusun Keben Desa Cangkringsari Sidoarjo (Dokpri)

Kegiatan kerja bakti Idul Adha yang dilaksanakan kelompok KKN UM Sidoarjo ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat  yang merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Harapannya, setelah terlaksananya kegiatan ini, masyarakat Desa Cangkringsari dapat terbantu dalam proses persiapan Hari Raya Idhul Adha serta proses penyembelihan sampai pembagian hewan qurban, sehingga akan tercipta lingkungan masjid yang bersih dan nyaman. Kegiatan ini juga menjadi salah satu jalan untuk mempererat hubungan mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat," ujar Wahyuni.

Redaktur: Firdha Cahyaningwulan

VIDEO PILIHAN