Mohon tunggu...
Ifan alexander
Ifan alexander Mohon Tunggu... Alex Nusantara

jadilah manusia jangan jadi manusia lain

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pemimpin di Masa yang Akan Datang

30 April 2020   08:33 Diperbarui: 30 April 2020   08:34 46 0 0 Mohon Tunggu...

Karisma seorang pemimpin ini akan memudar dan perlahan menghilang ketika krisis sosial tersebut sudah dapat teratasi dan para pengikutnya sudah mulai menenmukan gaya hidup yang mapan, sehingga sikap luar biasa yang tadinya dimiliki oleh pemimpin tersebut sudah tidak nampak dimata para pengikutnya. 

Seiring dengan menghilangnya sifat karisma yang dimiliki oleh pemimpin tersebut maka otoritas pemimpin yang tadinya sangat disegani dan dihormati pada akhirnya akan kehilangan kewibawaanya dalam mempengaruhi para pengikutnya. Sistem otoritas karismatik ini juga akan menghilang ketika pemimpin tersebut meninggal dunia dan digantikan oleh pemimpin yang baru. Sehingga gejala karismatik ini hanya berlaku untuk satu generasi pemimpin saja.

Menjaga ke stabilan para pengikut harus mempunyai skill yang sangat bersentuhan langsung, hingga  cara bersosial tidak harus ditunjuk oleh berbagai aspek pengikut, terkadang penerapan seperti itu kita terkadang mempunyai sifat tidak selaras dengan faktor lingkungan. tapi itu hal yang wajar, disetiap kultur pengikut berbeda beda cara pandang dan berpendapat, dan itu hanya dimiliki orang yang bersifat multi pandang dan bisa menyatukan perbedaan antara satau sama  lain.

Cara berpikir dan cara kita menafsirkan sesuatu keadaan,  dan pendapat, tidak perlu dan harus  mengkritik orang lain, cukuplah berpandangan langkah apa selanjutnya kita lakukan.

VIDEO PILIHAN