Mohon tunggu...
Ifa Irawati
Ifa Irawati Mohon Tunggu... Guru - TK ABA 16

Membersamai anak-anak hebat di TK ABA 16 Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Manfaat Membaca Nyaring untuk Anak Usia Dini

1 Januari 2023   21:01 Diperbarui: 1 Januari 2023   21:03 598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Banyak orang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku kita bisa berjalan-jalan melintas benua tanpa harus datang langsung. Kunci kita bisa membuka jendela dunia tersebut, kita harus bisa melalukan aktivitas membaca dengan baik. Membaca dapat diartikan pula sebagai proses mengolah bacaan secara kritis kreatif dengan tujuan memperoleh pemahaman secara menyeluruh tentang suatu bacaan, serta penilaian terhadap keadaan, nilai, dan dampak bacaan

Guna memudahkan kita untuk memahami apa sebenarnya kegiatan membaca itu, kita bisa membagi kegiatan membaca menjadi beberapa tahap yaitu: 1) membaca permulaan, 2) membaca nyaring, 3) membaca dalam hati 4) membaca pemahaman, 5) membaca bahasa, 6) membaca teknik. Bagi pegiat paud tahap pertama dan kedua yang paling sering dilakukan. Membaca permulaan dapat diartikan proses pembelajaran dasar mekanisme membaca, seperti kemampuan mengasosiasikan huruf dengan bunyi-bunyi bahasa yang diwakilinya, membina gerakan mata membaca dari kiri ke kanan, membaca kata-kata dengan kalimat sederhana. Sedangan membaca nyaring di satu pihak dianggap merupakan bagian atau lanjutan dari membaca permulaan, dan di pihak lain dipandang juga sebagai membaca tersendiri yang sudah tergolong tingkat lanjut, seperti membaca sebuah kutipan.

Membaca nyaring sering dilakukan oleh para guru PAUD saat ingin menyampaikan isi bacaan untuk anak didiknya yang belum bisa maupun yang belum lancar membaca.  Hasil penelitian yang dilakukan oleh Rothlein dan Meinbach (1993) dalam Supardi (2010) menunjukkan bahwa membaca nyaring dapat meningkatkan keterampilan berbahasa lainnya, membantu perkembangan anak mencintai buku, dan membaca cerita sepanjang hidupnya. Saat ini metode membacakan nyaring mulai dikenal dan berkembang di masyarakat. Metode ini disebut Read Aloud, di mana di Indonesia dikenalkan Roosie Setiawan. Roosie adalah penerjemah buku 'The Read-Aloud Handbook' karya Jim Trelease. Roosie juga sebagai pendiri komunitas Reading Bugs, Satgas Literasi Sekolah dan juga menulis buku 'Membacakan Nyaring'. Komunitas Read Aloud ini pun menyebar ke kota kita tercinta yaitu Kota Malang.

Fenomena membaca nyaring ini diyakini mampu membawa dampak positif bagi anak usia dini. Bila membaca nyaring ini dilakukan rutin, maka akan memberi manfaat bagi anak-anak yang mendengarkannya. Di antaranya:

Melatih Kemampuan Mendengar Anak Usia Dini

Ketika mendengar cerita yang dibacakan dengan nyaring, maka anak mudah mencerna isi buku tersebut. Kemampuan mendengar anak akan secara sadar berusaha menangkap sensor suara bacaan kata atau kalimat dari orang yang membaca buku. Apabila sensor suara dirasa kurang keras, anak otomatis akan mendekatkan telinga ke arah pembaca. Diharapkan saat ini terjadi si pembaca memperkeras suara bacaannya.

Menambah kosa kata

Cerita yang dibacakan dengan nyaring membuat anak menjadi lebih banyak mendengar dan mengenal kosa kata baru. Beberapa kosa kata akan diserap otak dan menjadi perbendaharaan kata baginya. Bahkan anak banyak mengenal kata-kata yang jarang digunakan dalam keseharian.

Membantu perkembangan otak lebih optimal

Anak yang terbiasa mendengar cerita, cenderung daya imajinasinya akan lebih berkembang dibanding anak-anak lainnya. Dia juga akan membayangkan percakapan dan isi cerita yang dibacakan tersebut. Sehingga otak akan berkembang dengan lebih baik lagi.

Memunculkan Kemampuan Berpikir Kritis

Saat mendengarkan cerita yang menarik, ada beberapa anak yang akan penasaran dengan apa, siapa, mengapa, kapan dan dimana cerita itu terjadi. Anak akan berusaha bertanya untuk memuaskan rasa penasarannya. Bisa juga Si pembaca yang memancing anak-anak untu bertanya akan isi cerita buku yang telah dibacakan. Kemampuan berpikir kritis akan semakin terlatih jika anak-anak bisa memunculkan keinginan tahuannya terhadap buku cerita yang dibacakan.

Motivasi anak membaca

Membaca nyaring sebenarnya merupakan sebuah kegiatan sederhana, cukup dengan mengambil buku cerita dan membacakannya dengan bersuara di hadapan anak-anak kita. Bila hal itu dilakukan secara rutin, maka lambat laut akan timbul keinginan anak untuk bisa membaca buku cerita sendiri. Sehingga anak tersebut akan termotivasi untuk belajar membaca sendiri. Tentunya kita sebagai guru diharapkan mampu mendampingi proses tersebut.

Sedikit manfaat dari membaca nyaring diatas diharapkan mampu menginspirasi kaum ibu dan para guru anak usia dini untuk bisa menerapkan Kegiatan Membaca Nyaring atau biasa dikenal dengan Read Aloud. Banyak komunitas dan channel Youtube yang bisa diikuti guna menggali kemampuan kita untuk bisa menjadi pembaca nyaring yang menarik untuk anak-anak kita. Semakin banyak praktek membaca nyaring semakin meningkatkan pula kemampuan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun