Mohon tunggu...
Ifah Latifah
Ifah Latifah Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Penulis buku antologi Guru Profesional (Laikesa: 2020). Antologi Jawaban dari Tuhan (Dd Publishing:2020). Antologi Mengedukasi Negeri (Madani Kreatif: 2020)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Guru "Memanfaatkan atau Tergerus" Teknologi

11 Agustus 2021   22:27 Diperbarui: 11 Agustus 2021   22:51 129 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Guru "Memanfaatkan atau Tergerus" Teknologi
Teknologi bagian dari kecakapan abad 21

“Jangan mau kalah dengan teknologi sebab teknologi diciptakan oleh manusia”

Masih ingatkah kita saat era sebelum 1990 ? Saat itu teknologi belum berkembang begitu pesat. Mungkin sebagian kita tidak sempat berpikir kalau akhirnya mencuci pakaian , memasak atau menggiling bumbu di tiap-tiap rumah dapat dilakukan dengan sangat praktis cukup hanya menekan tombol on- off.

Ya teknologi berkembang dengan pesatnya tanpa mampu dibendung. Kita yang lahir pada rentang tahun 40-80an merasakan perubahan dahsyat dalam perkembangan teknologi. 

Bayangkan dari hanya mendengar siaran radio lalu menonton televisi hitam putih sampai menggunakan Handphone dengan segala kecanggihannya semua kita rasakan.

Hari ini manusia hidup mengandalkan teknologi, dari bangun sampai tidur lagi manusia nyaris tidak terlepas dari teknologi. Suka tidak suka kita sudah berada pada zaman ini. Zaman dimana jarak tidak lagi berbatas. 

Manusia dari berbagai belahan dunia dapat berkomunikasi  dengan mudahnya tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan perjalanan demi sebuah meeting. Semua dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mengandalkan perangkat Komputer dan jaringan internet (interconnected Network)  .

Pelatihan virtual yang diikuti olh guru-guru seluruh Indonesia/dokpri
Pelatihan virtual yang diikuti olh guru-guru seluruh Indonesia/dokpri

Kehadiran komputer dan internet memang semakin penting apalagi setelah mewabahnya Pandemi covid-19. Komputer tidak hanya dibutuhkan sebagai alat untuk memudahkan pekerjaan kantor tetapi juga merambah menjadi kebutuhan penddidikan dan rumah tangga seperti; belajar online belanja online, rapat online dan lain-lain. Begitu banyak yang bisa dilakukan oleh komputer, jadi penasaran siapa ya orang pertama yang menciptakan komputer?

Dari sekian banyak nama, Charles Babbage bisa dibilang merupakan sosok yang paling berkontribusi atas kehadiran komputer. Sebab pada 1822 silam. ia menciptakan suatu mesin yang bisa menjalankan operasi perhitungan aritmatika. 

Metode ini lantas menjadi dasar dari pengembangan komputer yang kita kenal hingga saat ini. Dengan penemuan tersebut banyak orang yang menyebut pria kelahiran 26 Desember 1791 ini sebagai “Bapak Komputer”.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan