Mohon tunggu...
Ifah HanniBagaswari
Ifah HanniBagaswari Mohon Tunggu... Bidan - promotor kesehatan

seorang wanita yang berperan sebagai seorang istri yang bekerja sambil melanjutkan Pendidikan, Emak emak anak 1 yang sedang dalam golden period. "waktu adalah segalanya", karena sedikit waktu yg kita miliki harus berarti dan bisa bermakna untuk siapapun, so kita harus pintar pintar membagi waktu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Univet: Peningkatan Kapasitas Satgas Dusun dalam Masa Pandemi

16 September 2021   22:30 Diperbarui: 16 September 2021   22:33 38 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Univet: Peningkatan Kapasitas Satgas Dusun dalam Masa Pandemi
Dokumen pribadi

Walaupun akhir-akhir ini kasus covid-19 sudah mulai ada penurunan kasus, akan tetapi pandemi yang saat ini sedang terjadi belum ada wacana untuk berakhir, malah ada wacana untuk tahun 2022 pandemi akan berubah menjadi endemi. untuk itu kita harus tetap waspada dan hidup berdampingan dengan protokol kesehatan.   

Selain itu Peran Satgas dalam penanganan covid ini akan terus berjalan, mulai dari pendampingan masyarakat dengan kasus covid dan penanganan masyarakat yang mengarah ke covid-19. Peran satgas ini sangatlah terpenting bagi masyarakat.

Peran satgas dari berbagai lintas sektor inilah yang nantinya akan berkolaborasi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan cepat tertangani. sarana yang paling cepat dan dekat dengan masyarakat yaitu satgas Dusun. 

Satgas Dusun ini sangat berperan dan harus tangan dan gerak cepat dalam menangani berbagai kasus yang ada di lingkup padukuhan. 

Salah satunya di Padukuhan Dengok Lor, Pacarejo, Semanu ini diadakan peningkatan kapasitas satgas Dusun yang difasilitatori oleh mahasiswa KKN dari Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo. 

Kegiatan Peningkatan Satgas Dusun ini di isi oleh materi dan edukasi mengenai covid-19 dan praktik penggunaan APD saat berhadapan dengan pasien covid-19, serta diselipkan pula  cara pembuatan desinfektan sederhana dari bahan bahan di sekitar kita yang mudah ditemui.

Jumadi sebagai ketua satgas Dusun Dengok Lor mengatakan " masih banyak warga yang takut mendekat ketika ada masyarakat yang sakit apalagi mengarah ke covid-19, dan bingung harus bagaimana tindak lanjutnya, selama ini warga takut mendekat."

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
saat pelatihan penggunaan APD atau alat pelindung Diri dan pembuatan Desinfektan sederhana ini ini warga sangat antusia, karena sebelumnya belum pernah mempraktikan pembuatan desinfektan serta masih bingung dalam penggunaan APD ini. dalam hal ini, dijelaskan pula berbagai macam jenis APD, serta cara penggunaan, langkah urutan dan sampai pembuangan APD. Selain itu dijelaskan pula saat sedang mengunjungi warga yang sedang isolasi mandiri dirumah, dan tindakan yang harus dilakukan oleh satgas. 

Tidak lupa pula dijelaskan cara pembuatan Desinfektan, mulai dari bahan yang digunakan hingga perbandiningan bahan, sehingga dapat digunakan langsung saat ada penyemprotan rutin atau ketika ada warga yang sedang isolasi mandiri.  Anggota satgas Dusun ini terdiri dari Dukuh, RT, RW, Kader, Tokoh masyarakat, karang taruna dan beberapa warga dusun Dengok Lor. 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Ifah hanni (26) menyampaikan " penggunaan APD dan pembuatan desinfektan ini diharapkan berguna untuk satgas dusun dan masyarakat sekitar, agar tetap bisa berkomunikasi dengan warga yang sedang terkonfirm atau terindikasi mengarah ke covid-19. selama ini warga takut untuk mendekat."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan