Mohon tunggu...
Ifada Naylufar
Ifada Naylufar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Saya senang membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Terungkap! Ini Cara Manajemen Diri Sejak Dini dalam Mengatur Keuangan

11 Agustus 2022   08:52 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:54 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Lamper Tengah, Semarang (11/8/2022) Perkembangan zaman yang semakin canggih, media penyimpanan uang pun semakin praktis. Celengan target pun dapat menjadi salah satu media penyimpanan uang yang praktis bagi anak-anak. Selain menjadi penyimpanan uang yang praktis, celengan target juga didesain secara khusus bagian luarnya berupa nominal tertentu agar target menabung tercapai dalam jangka waktu yang diinginkan.

Salah satu pentingnya menabung bagi siswa-siswi sekolah bukan hanya untuk mempunyai uang sendiri, namun dapat menjadi cara dalam memanajemen diri sejak dini agar dapat menjadi orang yang bijak dalam mengatur keuangannya.

Menurut Bapak Wahyu selaku ketua pelaksana MPLS di SD Negeri Lamper Tengah 02, "Pengenalan konsep menabung dengan metode yang interaktif dan menyenangkan dapat menumbuhkan minat anak dalam menabung nantinya"

Dengan adanya hal yang telah disajikan diatas maka Mahasiswa KKN Lamper Tengah, Ifada Naylufar melakukan gerakan edukasi menabung sejak dini dengan media celengan target di SD Negeri Lamper Tengah 02. Program ini dilakukan secara langsung dengan menggunjungi lokasi SD Negeri Lamper Tengah 02 khususnya siswa-siswi kelas 1 pada tanggal 15 Juli 2022 lalu.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Edukasi terkait menabung sejak dini dilakukan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Sehingga, pembelajaran dapat diterima dengan baik dan anak-anak merasa senang dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan. Menabung dengan media celengan target dapat menjadi langkah awal anak-anak dalam memulai mengelola keuangan dengan baik dan menjadikan orang yang bijak dalam mengelola keuangan.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dengan menyisihkan uang saku setiap harinya, target nominal celengan target akan tercapai. Anak-anak dapat menyisihkan uang dalam jumlah yang tidak begitu besar yang dapat dilakukan harian.

Dengan menggunakan celengan target, dapat menjadikan semangat bagi siswa-siswi untuk menabung karena terdapat daftar keinginan yang ingin dicapai dengan menabung. Antusiasme siswa-siswi SD Negeri Lamper Tengah 02 terkait menabung dengan media celengan target dapat terlihat ketika mereka memiliki keinginan yang ingin di capai dengan mereka menabung.

Ketika anak-anak dapat menjadi orang yang bijak dalam mengelola keuangan dan dapat mengelola keuangan dengan baik di masa yang akan dating, merekan akan menjadi orang yang tidak hidup berlebihan atau boros. Sehingga mereka dapat membedakan mana yang dibutuhkan dan mana yang hanya sekedar keinginannya.

Ifada Naylufar

Mahasiswa S1-Akuntansi

Dosen Pembimbing Lapangan: Rosyida, S.P.,M.Sc

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan