Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat bacaan dan tulisan

Pemelajar sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Teknik Penulisan Best Practice Sekolah Penggerak

19 Mei 2022   12:13 Diperbarui: 19 Mei 2022   12:19 171 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

TEKNIK PENULISAN BEST PRACTICE SEKOLAH PENGGERAK

Oleh: IDRIS APANDI

(Praktisi Pendidikan)

 

Tahun 2021 kemdikbudristek mengguliran Program Sekolah Penggerak (PSP) sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar. Tercatat sebanyak 2500 sekolah yang terdiri dari PAUD 316, SD 1089, SMP 546, SMA 374, SLB 175 terpilih menjadi sekolah penggerak. Hingg saat ini (Mei 2022), PSP sudah memasuki angkatan ke-3.

PSP digulirkan oleh Kemdikbudristek sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka mencapai visi pendidikan, yaitu "mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global."

Implementasi PSP merupakan bentuk kemitraan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (provinsi/kab./kota) sehingga perlu sinergi dan kolaborasi antara keduanya agar program ini bisa berjalan lancar dan sukses. Peningkatan mutu sekolah melalui PSP tentunya akan  berdampak  terhadap peningkatan mutu pendidikan di daerah. 

Sekolah-sekolah yang terpilih menjadi sekolah penggerak diharapkan menjadi katalisator dan lokomotif transfomasi pembelajaran ke arah yang lebih baik. 

Selain itu, mereka juga diharapkan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya untuk mencontoh berbagai program peningkatan mutu pembelajaran di satuan pendidikan. Dengan kata lain, "efek bola salju" peningkatan mutu pendidikan diharapkan terjadi melalui PSP.

Salah satu sarana untuk menyebarkan informasi dan inspirasi terkait tata kelola atau peningkatan mutu pembelajaran di sekolah penggerak adalah melalui penulisan praktik terbaik (best practice). 

Dalam konteks PSP, Best Practice adalah tulisan (laporan atau artikel) yang mendeskripsikan atau menceritakan praktik terbaik (best practice) keberhasilan pemda, satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengatasi masalah terkait tata kelola PSP di daerah atau meningkatkan mutu layanan pembelajaran di sekolah penggerak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan