Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat bacaan dan tulisan

Pemelajar sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jangan-jangan Doa Mereka yang Dikabulkan oleh Tuhan?

27 Januari 2021   22:02 Diperbarui: 27 Januari 2021   22:10 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

JANGAN-JANGAN DOA MEREKA YANG DIKABULKAN OLEH TUHAN?

Oleh: IDRIS APANDI

 

"Hatur nuhun. Sing beunghar, sing sehat" (Terima kasih. Semoga (Anda) kaya. Semoga (Anda) sehat. Ucapan itu meluncur dari mulut seorang tukang parkir kepada saya setelah  saya memberian uang parkir kepadanya di sebuah mini market. Secara refleks, saya pun menimpalinya dengan ucapan "aamiin yra."

Sambil memacu kendaraan yang saya kendarai, saya merenung bahwa jangan-jangan saya selama ini sehat dan alhamdulillah jika diberikan kelancaran rezeki, hal tersebut adalah berkah dari doa-doa orang lain terhadap saya, bukan dari doa yang saya panjatkan sendiri selepas melaksanakan salat atau pada kesempatan lainnya kepada Allah SWT karena salat dan doa saya belum tentu khusyu atau terhalang oleh dosa-dosa yang saya lakukan.

Jangan-jangan saya bisa selamat dan terhindar tidak luka berat saat saya jatuh dari motor sekian tahun yang lalu juga karena doa-doa orang lain. Saya ingat terhadap sebuah hadits Nabi yang artinya sedekah bisa menolak bala' (musibah). Mungkin hal yang saya pernah saya alami adalah bukti kebenaran keutamaan sedekah.

Tentu alangkah senangnya jika kita didoakan yang baik-baik oleh orang lain. Dan biasanya kita mengucapkan "aamiin" sebagai bentuk persetujuan dan mengharapkan hal yang sama. Saya memiliki pengalaman, jika selepas salat berjamaah di masjid atau bertemu di jalan dengan salah seorang tetangga saya, sambil memegang erat tangan saya, Beliau selalu mendoakan semoga saya beserta keluarga sehat. Sambil memegang tangannya erat juga, saya mengucapkan "Aamiin yra. Doa yang sama buat bapak." Plong rasanya. Damai hati ini saat sesama saudara, sesama tetangga, dan sesama manusia saling mendoakan dalam kebaikan.

Pada pengalaman yang lain, maaf, bukan bermaksud riya, saya pernah memberikan sedikit rezeki kepada seseorang. Dia tampak sangat senang menerimanya. Wajahnya sumringah. Uang yang saya berikan padanya disimpannya di atas kepalanya sambil dia berdoa panjang lebar. 

Dalam hati saya bicara. "Subhanallaah. Ahamdulilaah. Saya mendapatkan banyak doa dari orang lain. Sungguh sebuah hal yang sangat berharga bagi saya." Pelajaran yang saya ambil dari kisah tersebut, kita harus banyak berbuat baik kepada orang lain, walau pun istilahnya hanya memberi sebutir permen atau hanya sebuah senyuman yang tulus.

Kita tentu senang kalau pemberian kita bermanfaat bagi orang lain. Sangat senang jika bantuan kita bisa meringankan beban orang lain, dan sangat senang kalau orang lain menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan kita. Tetapi tidak tertutup kemungkinan kita pun suatu saat kesal saat bantuan yang diberikan kepada orang lain tidak dibalas terima kasih oleh mereka. Istilahnya, "air susu dibalas air tuba". 

Walau demikian, jangan berhenti atau jangan kapok untuk berbuat baik. Tuhan tidak tidur. Setiap kebaikan hamba-Nya pasti dicatat oleh-Nya. Ibarat melempar bola ke dinding, kebaikan yang diberikan kepada orang lain, akan kembali lagi kepada kita. Begitu pun kalau berbuat keburukan kepada orang lain, balasannya akan kembali kepada kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun