Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat bacaan dan tulisan

Pemelajar sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

AKM dan Peningkatan Kemampuan HOTS Peserta Didik

20 Oktober 2020   12:34 Diperbarui: 27 Mei 2021   09:53 3462
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Upaya meningkatkan HOTS peserta didik. | Kompas

AKM DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN HOTS PESERTA DIDIK

Oleh: IDRIS APANDI

(Penulis Buku Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan HOTS)

Kemendikbud akan melaksanakan Asesmen Nasional pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK pada Maret 2021 dan jenjang SD/MI pada Agustus 2021. Program ini dilaksanakan melalui tiga instrumen, yaitu (1) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), (2) survei karakter, dan (3) survei lingkungan belajar. Tujuan dari asesmen nasional adalah untuk memetakan mutu pendidikan nasional sebagai dasar untuk meningkatkan mutu pembelajaran, karena mutu pembelajaran adalah kunci untuk menghasilkan lulusan yang bermutu.

Pada tulisan ini saya akan lebih fokus membahas tentang AKM.  AKM bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerik (matematika). Siswa berikan soal yang harus dikerjakan oleh mereka. Bentuk soalnya yaitu; Pilihan Ganda (PG), PG Kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. 

AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap murid akan menempuh soal yang sesuai dengan kemampuan murid itu sendiri. Pesertanya diambil secara sampling. Jenjang SD/MI maksimal sebanyak 30 orang dan jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK maksimal 45 orang.

Mengapa literasi membaca dan numerik (matematik) yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan? Karena dua jenis literasi dasar ini menjadi alat (tool) untuk memahami bentuk-bentuk literasi lainnya, seperti literasi sains, literasi teknologi, literasi keuangan, literasi kewargaan, dan sebagainya.

Baca juga: Strategi Jitu dalam Memecahkan Soal Matematika Berbasis HOTS bagi Pemula

Soal-soal AKM akan mengadaptasi soal-soal Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), karena hasil dari AKM dalam jangka panjang diharapkan akan berdampak terhadap meningkatnya kemampuan dan daya saing peserta didik Indonesia di level internasional. Contoh soal-soal AKM dapat diakses pada laman:Pusmenjar Kemdikbud.

Soal-soal PISA dan TIMMS yang akan diadaptasi pada AKM adalah soal-soal yang menuntut kemampuan berpikir kritis (critical thinking) dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) peserta didik. 

Pada saat diberlakukannya Kurikulum 2013, hal tersebut telah ditekankan kepada para guru agar diterapkan dalam pembelajaran. Tujuannya agar para peserta didik bukan hanya sekadar mengetahui, memahami, dan menerapkan materi yang dipelajarinya, tetapi juga mampu untuk menganalisis, mengevaluasi, hingga menciptakan karya atau produk sebagai hasil dari materi yang dipelajarinya. Hal tersebut akan menjadi pengalaman belajar yang bermakna bagi dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun