Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat bacaan dan tulisan

Pemelajar sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Eksis Melalui Menulis

7 November 2019   08:08 Diperbarui: 7 November 2019   08:19 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

EKSIS MELALUI MENULIS

Oleh:

IDRIS APANDI

(Penulis Ratusan Artikel dan Puluhan Judul Buku)

 Dalam sebulan ini, saya mengalami kejadian yang cukup menarik dalam kaitannya dengan aktivitas saya sebagai penulis. Pertama, saat saya mengisi sebuah pelatihan di sebuah sekolah di sebuah kota di Jawa Barat, saya bertemu untuk pertama kalinya dengan salah seorang pejabat Dinas Pendidikan kota tersebut yang kebetulan akan membuka kegiatan, dan ternyata Beliau adalah orang yang sering membaca tulisan-tulisan saya di Kompasiana atau web lain yang menerbitkan tulisan saya.

Saat itu, Beliau mengaku tidak ngeuh bahwa dirinya bertemu dengan orang yang selama ini tulisan-tulisannya sering menjadi bahan baginya untuk menyampaikan arahan sekaligus membuka sebuah kegiatan, khususnya terkait dengan dunia pendidikan. Tetapi setelah Beliau bertanya identitas saya kepala sekolah, Beliau terlihat sangat gembira, dan komunikasi pun yang awalnya terkesan formil dan kaku, menjadi lebih cair dan penuh dengan keakraban.

Pada saat itu, Beliau mengucapkan terima kasih kepada saya karena tulisan-tulisan saya cukup membantunya dalam menambah pengetahuannya seputar dunia pendidikan, sehubungan dirinya sendiri awalnya bukan berasal dari staf atau birokrat di lingkungan dinas pendidikan dan saat ini ditugaskan untuk menjabat di salah satu bidang di Dinas Pendidikan. 

Beliau berkata kepada saya bahwa setiap apapun isu pendidikan yang akan dibahas, tulisan-tulisan saya hampir yang paling sering muncul di mesin pencari. Dan kadang tulisan saya tersebut langsung dibaca di depan para peserta kegiatan sebagai bahan sambutan dan pengarahan.

Kedua, saya bertemu dengan seorang kepala sekolah di sebuah kabupaten yang juga sedang menempuh pendidikan S-3 di sebuah perguruan tinggi di Jawa Barat. Beliau menyampaikan bahwa Beliau ngefans terhadap tulisan-tulisan saya, bahkan meminta saya untuk menjadi "promotornya" dalam penulisan disertasinya. 

Kebetulan Beliau akan meneliti tentang jiwa kewirausahaan kepala sekolah. Ingatan sang kepala sekolah tersebut cukup kuat. Beliau menceritakan tentang pernyataan-pernyataan atau tulisan-tulisan yang pernah saya sampaikan pada kegiatan yang pernah diikutinya. Saya, yang terus terang saja sudah lupa, menjadi diingatkan kembali oleh nostalgia yang disampaikan olehnya.

Selain menulis buku, saya juga menulis ratusan artikel di Kompasiana, sebuah blog yang bisa dikatakan dengan sebagai "rumah" bagi ribuan penulis di Indonesia bahkan mancanegara. Selain sebagai sarana menyebarkan ide dan gagasan, blog tersebut saya gunakan untuk menyimpan tulisan-tulisan saya agar mudah mudah dicari di mesin pencari kalau diperlukan (tentunya sepanjang tulisan saya tidak dihapus oleh admin blog tersebut).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun