Mohon tunggu...
Idris
Idris Mohon Tunggu... Musafir Intelektual

Bernilailah untuk orang lain, karena nilai anda berada pada mereka.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Keseimbangan Antara Aktivitas dan Istirahat (Tidur) Bisa Menjamin Hidup Sehat!

12 November 2019   14:23 Diperbarui: 12 November 2019   14:36 164 2 0 Mohon Tunggu...
Keseimbangan Antara Aktivitas dan Istirahat (Tidur) Bisa Menjamin Hidup Sehat!
aturduit.com

Sahabat kompasianer tahukah anda bahwa hidup sehat merupakan hidup yang didambakan oleh setiap orang dan bisa dibilang bahwa hidup sehat adalah aset yang tak ternilai harganya oleh segudang nominal. Namun, berapa banyak orang yang masih gagal hidup sehat hanya karena tak bisanya menjaga keseimbangan antara aktivitas dengan istirahat.

Sedikit saya akan kupas tentang keseimbangan antara aktivitas dan istirahat (tidur) yang saya anggap bisa menjamin hidup sehat berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami.

Namun, sebelum saya memaparkan cerita saya. Saya mau bertanya terlebih dahulu kepada para readers.

Berapa lama sih idealnya waktu untuk kita istirahat (tidur) selama kegiatan seharian?

Mungkin dari pertanyaan di atas jawabannya tentu tak akan sama karena terkadang waktu istirahat itu relatif berbeda dan dilihat dari bagaimana kebiasaan kepribadian atau umur masing-masing individu.

Tapi, disini saya akan bahas lebih pada umumnya tentang berapa lama idealnya waktu istirahat yang dibutuhkan dalam sehari semalam terutama waktu istirahat untuk tidur agar keseimbangan antara aktivitas dan istirahat tetap terjaga sehingga kesehatan tubuh terjamin sehat karena sehat itu aset.

Menjaga keseimbangan antara aktivitas dan istirahat artinya adanya kesesuaian antara kegiatan aktivitas dan istirahat. Misalnya,  jika saat kita bekerja, bekerja tanpa berlebihan (overload) jangan sampai dalam waktu 24 jam itu digunakan hanya untuk bekerja atau beraktivitas. Karena sejatinya tak ada kondisi tubuh yang secara alamiah mampu melakukan hal itu. Dan jika sekali pun itu ada tentu karena adanya daya dorongan seperti obat-obatan atau pun yang lainnya.

Sedangkan untuk istirahat itu sendiri artinya melepas sebuah kepenatan atau kelelahan pada organ-organ tubuh yang telah digunakan selama beraktivitas. Dan biasanya istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu, misalnya istirahat dengan cukup, tidur dengan waktu yang cukup dan teratur.

Seperti dalam hadist disebutkan bahwa: "Nabi pernah berkata kepadaku: hai hamba Allah, bukankah aku memberitakan bahwa kamu puasa di siang hari, dan qiyamul lail di malam hari, maka aku katakan, benar ya Rasulullah, Nabi menjawab: jangan lakukan itu, berpuasa dan berbukalah, bangun malam dan tidurlah, sebab, pada badan mu ada hak dan pada lambungmu juga ada hak" (HR al-Bukhari dan Muslim).

Hadist di atas telah memaparkan dengan jelas bahwa menjalani sebuah kehidupan yang sehat ialah dengan menjalankan kehidupan yang seimbang pada kegiatan aktivitas dan istirahat. Sebab, sesungguhnya semuanya yang ada dalam tubuh kita telah memiliki hak-haknya masing-masing yang telah diatur oleh agama khususnya agama islam.

Dalam hal ini saya memiliki pengalaman pribadi tentang terjadinya ketidaksesuaian antara aktivitas saya dengan istirahat (tidur) yang saya lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x