Mohon tunggu...
Idris
Idris Mohon Tunggu... From leaner to be teacher

keep struggle to be the winner

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Erick Thohir, Menteri yang Masuk dalam Kategori " The Right Man to The Right Place"

30 Oktober 2019   12:35 Diperbarui: 30 Oktober 2019   13:00 575 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Erick Thohir, Menteri yang Masuk dalam Kategori " The Right Man to The Right Place"
money.kompas.com

Baru-Baru saja Presiden Jokowi melantik kabinet kerjanya di istana Jakarta. Tepatnya pada hari Rabu, 23 Oktober 2019 selang dua hari pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 kemarin.

Setelah selesainya pelantikan kabinet kerja, itu artinya seluruh pemerintahan siap all out kembali untuk bekerja keras dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara.

Kini pelantikan menteri usai sudah, dari sebanyak jumlah menteri yang ditunjuk dan dilantik hanya Erick Thohir yang menjadi sorotan cetar publik. Sebab, selain sosoknya yang masih muda ia juga dinilai selalu sukses dalam berbagai hal. Dan bahkan, terdengar seketika pula bahwa Erick Thohir sebagai menteri terkaya dari seluruh menteri yang dilantik.

Pemberian mandat Presiden Jokowi kepada Erick Thohir sebagai menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) sudah dianggap sangat tepat karena dilihat dari latar belakangnya Erick Thohir sebagai figur pengusaha yang berhasil.

Dan banyak juga dari kalangan publik yang mengutarakan apresiasinya bahwa penempatan posisi Erick Thohir dalam kabinet kerja Presiden sudah masuk dalam kategori penempatan orang yang tepat ke tempat yang tepat " The right man to the right place".

Alasan pengutaraan publik tersebut tentu bukan hanya karena kecocokan antara fisiknya yang masih muda semata, tapi karena keilmuan dan pengalaman Erick yang sudah mumpuni di bidang bisnis atau dalam membangun sebuah usaha.

Coba kita lirik sejenak cerita tentang track record keberhasilan Erick Thohir semasa jadi pengusaha muda sebelum dinobatkan sebagai menteri BUMN Presiden JokowiMa'ruf di periode 2019-2024.

Erick Thohir lahir dari keluarga pebisnis, ia seorang pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu pengusaha terpopuler di Indonesia.

Berikut ini, sedikit saya paparkan tentang catatan usahanya yang sukses didirikan dan diboyongnya!

Awal pertama kali karirnya mencuat di bidang berbisnis Erick Thohir mendirikan sebuah perusahaan media Mahaka Grup bersama rekannya, Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana, dan Harry Zulnardy selepas kepulangannya usai menempuh pendidikan di Luar Negeri.

Terbilang sukses usahanya, pada Tahun 2001 lalu, perusahaan Mahaka Group mampu mengakuisisi harian Republika yang kebetulan pada saat itu sedang terjadi kemerosotan keuangan dan terindikasi brangkut. Lalu, Ia berhasil menjabat sebagai Presiden Direktur perusahaan tersebut hingga 30 Juni Tahun 2008 dan terhitung sejak Juni Tahun 2010.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN