Kuliner

Nyobain Ketan Susu Pake Tempe Goreng

7 Juni 2018   18:47 Diperbarui: 7 Juni 2018   18:52 117 0 0

Kalau di Thailand terkenal dengan adanya Mango Sticky Rice yaitu ketan susu dipadu dengan mangga, di Jakarta juga punya satu tempat makan ketan susu enak tepatnya di Kemayoran. Ketan Susu Kemayoran tempat ini dikenal. Berletak di pinggir jalan Kemayoran dan bertempat seperti warung, ketan susu disini sudah sejak lama ada dan dikenal.

Ketan yang ditaburi parutan kelapa dan susu kental manis ini disantap bersama dengan goreng -- gorengan yang tersaji disana. Ada tempe, pisang goreng, singkong, dan sukun. Ha? Ketan susu dengan gorengan? Mungkin terdengar aneh untuk orang yang baru tahu. Tak apa, banyak pula teman saya yang merasa begitu, termasuk saya ketika pertama mendengarnya.

Kesukaan saya jika dipadu dengan tempe goreng disana. Gurihnya gorengan ditambah gurih kelapa dan ketan susunya memberi rasa yang unik sekaligus enak. Tambah mantap dibarengi dengan teh poci manis hangat yang menghangatkan badan dan melengkapi manis ketan. Sangat cocok untuk sarapan, dan ditambah rokok mungkin jika anda merokok..

Suasana warung pinggir jalan juga tentu juga harus dibarengi juga dengan kocek yang sesuai. Harga murah, perut kenyang. Satu piring ketan disini dihargai 5 ribu, sedangkan untuk setiap gorengan dihargai seribu perak maupun kertas.  Untuk satu teko poci hangat pun dihargai 7 ribu, yang bisa diminum untuk setidaknya 3-4 gelas yang sudah diisi gula pasir.

Suasana warung pinggir jalan maksud saya disini ialah suasana hangat khas kemayoran dengan keramahan bapak -- bapak dan mas -- mas yang menyajikan ketan susu dengan harga yang juga hangat yang penting. 

Dan tempat ini kadang juga jadi tempat tongkrongan obrolan di warung pinggir jalan. Pak Gubernur Anies Baswedan pun pernah menyantap sarapannya disini dengan sambil berbincang dengan warga. Jadi jika kamu ke kemayoran, bolehlah sempatkan diri kesini untuk merasakan ketan susu enak bersama suasananya. Mungkin bisa jadi alternatif kamu juga penyuka ketan di Jakarta selain Mango Sticky Rice.