Mohon tunggu...
Ida Riyani
Ida Riyani Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030116

Masih labil, suka berubah-ubah

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Belum Lebaran Kalau Belum Makan Ini Nih...

18 Mei 2021   22:12 Diperbarui: 18 Mei 2021   22:27 180 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belum Lebaran Kalau Belum Makan Ini Nih...
Peyek Kacang (portalmadura.com)

Hari Raya Idul Fitri atau biasa yang kita sebut Lebaran,  merupakan momen yang paling ditunggu umat muslim, dimana hari kemenangan telah tiba serta menjadikan momen yang pas untuk menjalin tali silaturahmi, ngobrol santai, berbagi cerita, bercanda dan tertawa bersama teman maupun keluarga. Untuk menyambut para tamu yang berkunjung ke rumah, tidak hanya makanan khas lebaran yang disiapkan, tetapi kehadiran kue kering dan camilan khas lebaran sebagai suguhan di meja juga tidak boleh ketinggalan.

Kalo camilan khas lebaran di daerah kalian yang biasanya bakal ada di setiap meja ruang tamu rumah tetangga itu apa sih?? Kalo di daerahku nih yang tepatnya berada di Desa Jonggolsari, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah camilan khas lebaran yang hampir bakal ada di semua rumah adalah Peyek Kacang.

Bahkan orang orang sini bilang belum lebaran kalo belum makan Peyek Kacang! Ahahahahaha

Peyek kacang atau rempeyek, merupakan salah satu camilan yang berbahan dasar tepung beras yang digoreng dan biasanya terdapat kacang tanah di atasnya. Bisa juga dibilang kalau peyek ini merupakan camilan yang wajib dimiliki pada tiap rumah didaerahku setiap Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya di daerahku saja, banyak warga Kota Kudus yang menjadikan Peyek Kacang sebagai cemilan wajib saat lebaran lho.

Siapa sihh yang ngga suka dengan rempeyek? Sini cobain rempeyek buatan ibuku ehehehe. Keripik tradisional ini memiliki rasa yang renyah, gurih dan berbumbu sedap. Rempeyek ini bisa diisi dengan aneka isian mulai dari yang paling sering dibuat seperti rempeyek kacang, ebi atau teri. Semuanya membuat rempeyek rasanya nikmat sampai membuat siapa saja ketagihan.

Perpaduan kriuk dan renyahnya peyek kacang niscaya bakal bikin momen lebaran kalian lebih semarak. Apalagi kalo menikmatinya bareng es sirup? Bikin perpaduan yang pas di mulut sejak dari gigitan pertama kamu menikmatinya.

Di saat lebaran, selain ngemil kue kering, ngemil Rempeyek Kacang sambil ngobrol dengan keluarga rasanya makin seru. Selain jadi camilan sambil ngobrol dengan keluarga, Rempeyek Kacang ini juga cocok jadi pelengkap makan ketupat, lho. Aku sendiri suka banget makanan rempeyek bareng nasi dan lauk, selain sebagai pengganti kerupuk makan dengan rempeyek juga membuat rasa lebih sedap.

Biasanya ibuku sudah membuat rempeyek jauh hari sebelum lebaran, kalo lebaran kali ini sih dua minggu sebelum lebaran juga udah buat.

Nahhh buat kalian yang pengen makan rempeyek tapi ga bisa buat sendiri jangan kuatir, tenang aja. Biasanya rempeyek juga di jual di toko oleh oleh atau warung warung di pasar tradisional. Biasanya sih untuk harga di hari hari biasa dibandrol dengan harga sekitar 25-40 ribu dengan isi 500 gr, nah kadang di beberapa toko, mereka akan menaikkan harga menjelang hari raya Idul Fitri tiba karena melonjaknya permintaan pesanan dibanding hari biasanya.

Buat kalian yang tertarik untuk menyuguhkan peyek kacang sebagai kue lebaran untuk tamu yang datang ke rumah, dan agar bisa menghemat budget juga, kalian bisa banget cobain resep simpel Peyek Kacang renyah dibawah ini!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN