Mohon tunggu...
Ida Pakpahan
Ida Pakpahan Mohon Tunggu... Freelancer - Tukang Tulis

Orang Medan

Selanjutnya

Tutup

Diary

Curahan Hati Seorang Introvert

11 Januari 2021   22:43 Diperbarui: 11 Januari 2021   22:49 1930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler


Orang-orang tahu, kalau introvert itu adalah seorang yang pendiam dan suka menyendiri. Introvert itu anak rumahan. Introvert itu jarang bergaul. Pokoknya orang-orang akan berpikiran kalau introvert itu sulit diajak temenan. Ciri-ciri seperti itu pas sekali buat aku. Jadi aku adalah seorang introvert.

Tapi introvert tak selalu menjadi pendiam. Kadang mereka bisa berbicara panjang lebar dengan orang yang terdekat mereka. Introvert pun tidak selalu menyendiri, mereka juga bisa berteman dengan orang-orang yang menurut  mereka membuat nyaman. Jadi introvert nih suka pilih-pilih teman. Jadi itu semacam, introvert itu juga punya sisi ekstrovert.

Seperti aku yang lebih banyak punya sifat introvert. Aku memang pendiam, suka menyendiri. Padahal sebetulnya, aku punya teman dekat yang bisa bikin aku curhat bahkan sampai ngakak lebar. Kadang-kadang juga mau diajak jalan-jalan sama temen, biar nggak melulu menyendiri di kamar.

Intinya sih, setiap orang pasti punya sisi introvert dan ekstrovert. Cuma porsinya yang berbeda. Kalau aku mungkin 70 persen introvert dan 30 persen ekstrovert.

Mungkin begitu juga sebaliknya sama yang ekstrovert. Mereka yang selalu aktif, suka main sana-sini. Kadang mereka juga kepengen punya waktu untuk menyendiri walaupun bentar.

Kadang ketika seorang introvert lagi berhadapan sama orang yang tidak begitu dekat dengan mereka. Mereka memang kebanyakan diam. Tapi dalam hati justru lagi mikirin topik obrolan apa yang bisa dibawa sama orang itu biar nyambung. Tapi niatnya itu cuma terpendam di dalam hati.

(*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun