Mohon tunggu...
Ida Mahmudah
Ida Mahmudah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah salah satu manusia yang ada di bumi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Universitas Jember

24 September 2022   09:00 Diperbarui: 24 September 2022   09:28 94 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pertukaran mahasiswa merdeka merupakan sebuah program yang mewadahi mahasiswa untuk dapat belajar dari satu klaster pulau ke pulau yang lain. Program ini merupakan program yang memberikan sebuah pengalaman untuk dapat mengeksplorasi dan mempelajari keberagaman budaya yang ada di nusantara. 

Kegiatan ini menjadi sebuah tempat yang mempertemukan beragam perbedaan menjadi satu tali penyambung  dengan teman-teman berbagai daerah dengan membawa kekhasannya masing-masing.  

Melaui program ini mahasiswa mendapatkan sebuah kesempatan untuk dapat belajar di kampus lain diluar pulau domisili kampus asal yang ada di Indonesia salah satunya adalah Universitas Jember.

Universitas Jember merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di  Kabupaten Jember, Jawa Timur. Universitas Jember memberikan kesan sangat baik bagi penulis dari sebelum keberangkatan hingga penyambutan hangat seusai tiba dari bandara kedatangan.  Disinilah penulis berada saat ini dengan usianya satu bulan lebih menghirup udara Jember. 

Universitas ini akrab disapa UNEJ, selain penyambutan yang hangat Unej memberikan fasilitas-fasilitas yang nyaman.  Unej memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam penawaran mata kuliah dikarenakan keseluruhan mata kuliah pada semester ini bisa untuk diambil, sehingga mahasiswa  tidak kesulitan dalam hal konversi mata kuliah. Unej memberikan bimbingan penuh terhadap mahasiswa, pelayanan yang ramah dan cepat dalam hal apapun sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Pada minggu awal kedatangan Unej mempertemukan keseluruhan mahasiswa PMM, mentor, dosen pembimbing lapangan, PIC dan segenap pengelola program PMM Unej dilapangan Rektorat, ini memberikan kesan menarik bagi penulis, penulis merasa tidak ada perbedaan yang membeda-bedakan satu dengan yang lainnya. 

Disini didudukkan semuanya sama rata, tidak ada sekat pemisah, ditempat ini ramai sekali suara tawa, saling melempar senyum seperti sudah berteman lama, disinilah awal mula, " hai salam kenal, namanya siapa, asal dari mana?" didukung dengan bersih, indah,asri dan sejuknya udara Unej, menarik sekali. Kegiatan ini mempertemukan penulis dengan kelompok modul nusantara yang menjadi cerita jauh lebih bermakna di program PMM ini.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi

Kegiatan modul nusantara menjadi sebuah kegiatan yang diakui 4 sks yang didalamnya termuat kebhinekaan, inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial. Kegiatan ini mengisi waktu pada hari sabtu dan minggu.  

Pada minggu kedua kegiatan ini dimulai, penulis berada di kelompok 7, kegiatan modul nusantara yang pertama adalah kebhinekaan, kelompok 7 memiliki dosen pembimbing lapangan yang sangat inovatif, dan mentor yang ceria, sehingga kegiatan tidak monoton dan membosankan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan