Mohon tunggu...
Ida Amirotun Nahdiyah
Ida Amirotun Nahdiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Seorang mahasiswa yang mempunyai cita-cita setinggi langit dan ingin bermanfaat bagi sesama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Budidaya Tanaman Hidroponik

2 Agustus 2021   06:32 Diperbarui: 2 Agustus 2021   06:35 84 0 0 Mohon Tunggu...

Di masa pandemi seperti ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah bercocok tanam hidroponik sebagai bentuk pemanfaatan teknologi tepat guna. Hal itu seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN DR-, mahasiswa KKN tersebut melakukan kegiatan bercocok tanam dengan sistem hidroponik . Bercocok tanam secara hidroponik  adalah metode  penanaman dengan menggunkan media tanah, serta air.

Selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil panen dari penanaman tersebut juga diberikan kepada warga sekitar sebagai bentuk dari ketahanan pengan secara mandiri. Hidroponik menjadi trend akhir-akhir ini dikala pandemi yang menunut pembatasan kegiatan. Hidroponik menjadi alternatif dikala minimalnya lahan atau ruang yang akan digunakan. Fariasi tanaman yang ditanam dengan menggunakan kosep hidroponik ini beragam seperti kangkung, pakcoy, sawi, selada dan lain sebagainya.

Ida Amirotun Nahdiyah, Mahasiswa KKN yang berinsiatif melakukan kegiatan penanaman hidroponik menuturkan, "awal mula ketertarikan tersebut berawal dari melihat di sosial media tren hidroponik yang meningkat dikala masa pandemi sepeti sekarang dan juga upaya mengurangi kejenuhan anjuran dirumah saja dari pemerintah di situasi pandemi, kemudian memutuskan untuk mencoba untuk ikut menanam dan ternyata berhasil panen, selain itu dengan mananam seperti ini membantu dalam menjaga ketahanan pangan".

Menurut ida dengan menanam hidroponik terebut tidak memerlukan banyak lahan atau tempat juga biaya yang dikeluarkan cukup murah. Misalkan saja hanya dengan bermodalkan benih dan sterofom sebagai bahan dasar utama penamaman, kegiatan tersebut sudah bisa dilakukan. Artinya  semua orang dapat melakukannya dirumah masing-masing tinggal memberikan edukasi bagaimana cara penanaman hidroponik yang baik dan benar sehingga dapat membuahkan hasil.

Tidak hanya melakukan kegiatan menanam sendiri, kedepannya akan ada pelatihan kegiatan budidaya dengan konsep hidroponik kepada masyarakat sekitar, dengan harapan pemanfaatan teknologi epat guna, dan kegiatan yang bermanfaat bagi ketahanan pangan masyarakat secara mandiri.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN