Mohon tunggu...
Mercy
Mercy Mohon Tunggu... Ibu dua anak remaja, penggiat homeschooling, berlatarbelakang Sarjana Komunikasi, Sarjana Hukum dan wartawan

Pengalaman manis tapi pahit, ikutan Fit and Proper Test di DPR.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Catatan Mercy Sihombing: Hitung-hitungan Politik Jokowi dan Prabowo Hadir di Akad Atta Aurel

5 April 2021   07:30 Diperbarui: 5 April 2021   07:40 893 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatan Mercy Sihombing: Hitung-hitungan Politik Jokowi dan Prabowo Hadir di Akad Atta Aurel
Sumber: instagram.com/kemensetneg.ri

Akad dan Pesta Nikah Atta-Aurel (AA) tidak bisa disangkal adalah panggung politik.  Silakan sebut, apakah panggung politik nonformal atau justru memang panggung politik yang sudah penuh hitungan yang menguntungkan. Tentu saja, Pak Jokowi dan Pak Prabowo dan Pak Bambang Soesatyo sudah memperhitungkan berbagai aspek sehingga memutuskan hadir di acara akad nikah.

Bahwa jelas, musuh-musuh politik akan menggunakan kehadiran mereka dengan kritikan dan  sentimen negatif. Misalnya membandingkan acara Akad Nikah AA dengan acara perayaan perkawinan anaknya seseorang di jalan Petamburan Jakarta.  Apalagi waktu pelaksanaan masih hitungan sama-sama masa covid sehingga tetap ada protokol kesehatan untuk larangan berkumpul.

Namun kritikan itu pastinya sudah dipikirkan Jokowi, Prabowo dan Bamsoet. Sebelum mereka memutuskan hadir atau tidak, kemungkinan besar pihak internal Istana sudah berhitung  plus minus kehadiran di akad nikah tersebut. 

Jadi sudah jelas,  hitung-hitungannya adalah lebih menguntungkan jika Pak Jokowi datang ke acara akad, daripada tidak datang. 

Secara liputan media, jelas, kehadiran Jokowi mungkin menjadi faktor pertimbangan juga bagi  RCTI menyiarkan live streaming.  Kabarnya acara AA membuat rating teve milik Hari Tanoe berhasil ditonton jutaan orang.  Kalau kita berhitung  Atta dengan 20 juta follower ditambah  fans Aurel, fans Anang, fans Ashanty, dan tak ketinggalan fans Krisdayanti akan menyempatkan diri menonton acara tersebut. 

Jadi jelas acara akad nikah AA yang dihadiri tiga pejabat utama Indonesia selain hitungan politis ada hitungan bisnis juga. Sebutlah pihak RCTI yang mendapat siraman iklan dan sponsorship melimpah dan penganten yang pastinya kebagian hasil iklan, sponsor, endorsment, sampai royalti. 

Obrolan Club House

Sabtu malam kemaren saya ikutan ngobrol seru di Klub Politik Indonesia di Clubhouse. Topiknya Mengapa Pak Jokowi dan Prabowo sampai hadir ke acara pernikahan Atta dan Aurel,  influencer dan artis Indonesia.

Sementara Bamsoet yang ketua MPR,  untuk sementara tidak terlalu banyak dikomentari, mengingat sudah lama bekerja sama  dengan Atta Halilintar.

Kembali ke pertanyaaan awal, mengapa Jokowi dan Prabowo sampai hadir ke acara tersebut?  Apakah Presiden RI  kurang kerjaan?

Jawabannya bisa dari berbagai sudut. 

Pertama,  mayoritas orang Indonesia menyatakan bahwa pernikahan anak lebih ke bukti  betapa luasnya relasi dari orangtua pengantin. Bagaimanapun Anang pernah jadi anggota DPR dan saat ini Krisdayanti juga anggota DPR. Dan bukan rahasia kalau keduanya mendukung Jokowi baik secara pribadi maupun sebagai anggota partai. Jadi wajar jika Jokowi membalas dukungan orangtua pengantin dengan memenuhi undangan sebagai saksi akad nikah. Bahkan konon Prabowo sengaja mengatur kepulangan dinas dari Rusia agar bisa hadir on time di akad nikah tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x