Mohon tunggu...
ibs
ibs Mohon Tunggu... Buruh - @ibnusie

velox et exactus, maka abis ngopi kita rabi

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Ketar-ketir Hadapi Banjir

18 Januari 2022   16:25 Diperbarui: 18 Januari 2022   19:32 259 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Petugas keberisihan dinas provinsi sibuk membersihkan saluran air, Selasa (18/01/2022) (dok. Ibnu Siena)

Potongan papan mengambang di atas permukaan. Ikut mengalir bersamaan air setinggi mata kaki orang dewasa, sekira 5 hingga 7 cm. Tiga pria paruh baya berjas hujan orange sibuk berkeliling memastikan keadaan sekitar, terutama di titik-titik saluran air yang kerap mampat. Maklum, hujan deras disertai angin turun sejak pukul 2 dini hari WIB, Selasa (18/01/2022).

Saya mengintip dari jendela kamar. Air memang sudah setinggi mata kaki orang dewasa. Mobil-mobil yang terparkir di depan, seperempat bannya terselimuti genangan.

Hujan yang sedari dini hari sempat berhenti pagi tadi, sekira pukul enam pagi WIB. Kemudian hujan berlanjut sekira pukul 11 siang WIB. Kalau tidak salah, kali ini hujan turun lebih deras disertai angin yang lebih kencang ketimbang dini hari tadi.

Menyadari tinggi air, saya buka kabar hari ini. Mencari kabar terbaru ketinggian debit pintu air. Melalui KOMPAS.com maupun Detik.com, sayang, kabar itu belum saya temukan.

Saya memutuskan keluar rumah. Hujan masih deras, meski sedikit lebih ringan dari sebelumnya. Ingin memastikan ketinggian air. Tempat saya tinggal, di bilangan Jakarta Timur, memang sedikit lebih tinggi dari jalan. Namun keadaan hujan yang seperti ini tidak membuat kekhawatiran saya hilang. Sebab, kondisi serupa bisa saja terulang.

Setelah saya rasa cukup aman saya lantas memeriksa kamar mandi. Memastikan air tidak masuk dari saluran pembuangan. Setidaknya memastikan binatang-binatang aneh yang muncul dari saluran. Maklum, kondisi demikian kerap saya alami di musim penghujan.

Petugas keberisihan dinas provinsi berkeliling memastikan titik-titik saluran air yang kerap mampat, Selasa (18/01/2022) (dok. Ibnu Siena)
Petugas keberisihan dinas provinsi berkeliling memastikan titik-titik saluran air yang kerap mampat, Selasa (18/01/2022) (dok. Ibnu Siena)

BMKG melalui laman resminya memperingatkan untuk waspada pada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Selatan, Barat, Timur, Utara, Pusat, dan Kepulauan Seribu. Setidaknya imbauan itu untuk dua hari ke depan, hingga Kamis (20/01/2022).

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Jaksel, Jakbar, dan Jaktim pada siang hingga sore hari, serta Kep. Seribu, Jakut, dan Jakpus pada dini hari," tulis BMKG pada laman resminya.

BMKG juga menempatkan prakiraan cuaca untuk seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan