Mohon tunggu...
Ibnu Mukhtar
Ibnu Mukhtar Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Menjadikan jiwa pendidik berkeratif dan inovatif Hobby mencari referensi/ sebagi mahasiswa/ topik konten tentang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tingkatkan tentang Kesadaran Kita Terhadap Pentingnya Pendidikan

29 Juli 2022   09:10 Diperbarui: 29 Juli 2022   09:19 187 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Masa depan  negara kita ada di tangan anak-anak bangsa, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang mengutamakan pendidikan. Maka dari itu, sebagai anak bangsa di negeri ini kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai masa depan itu.  

Untuk mencapai masa depan tersebut, kita perlu merenungkan pentingnya pendidikan. Bagaimana kita ingin menjadikan negara yang lebih baik, jika dari diri kita sendiri saja masih menyepelekan pendidikan?

Pendidikan merupakan hak semua warna negara, ini berarti bahwa setiap orang berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya. 

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah suatu tuntutan dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah, bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya. 

Perlu kita ketahui bahwa untuk mendapatkan pendidikan tidak hanya didapat dari sebuah institusi pendidikan formal, tetapi didapat juga dari keluarga, teman atau bahkan dengan orang yang kita temui dari hari ke hari. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa " Manusia bisa saling mengajari ", saya rasa ungkapan tersebut sangat benar.

Menurut saya, menjadi orang yang terdidik atau seorang yang dibekali pendidikan merupakan suatu yang membanggakan bagi setiap individunya. Karena pendidikan merupakan suatu hal yang penting dan  tidak mengenal batasan dalam kehidupan serta tidak bisa ditawar lagi. Pendidikan pun mudah untuk didapatkan selagi kita mempunyai usaha dan tekad yang kuat. Seharusnya setiap orang tua pun perlu sadar betul tentang pendidikan bagi anak-anaknya.

Namun pada kenyataan yang kita lihat saat ini, masih banyak orang tua yang seakan tidak peduli dengan pendidikan anak-anak mereka, terutama para orang tua yang tinggal di perdesaan.

Banyak di antara para orang tua tersebut cenderung lebih antusias untuk mengajarkan anak-anaknya untuk mendapatkan penghasilan di usia dini, bahkan ada yang menikahkan anaknya di usia yang masih sangat belia. Padahal semua orang bisa mendapatkan pendidikan yang layak, sekarang bukan hanya orang kaya yang bisa berpendidikan, akan tetapi masyarakat yang kurang mampu pun bisa. Pada dasarnya, tujuan pendidikan adalah sebagai bahan untuk menentukan ke mana anak didik akan dibawa dan diarahkan. (sumber : Indah Ramadhani , 20 April 2021)

Terlebih lagi, pemerintah juga selalu berusaha setiap tahunnya untuk meningkatkan anggaran pendidikan, agar kita sebagai masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan yang bermutu dan layak. 

Selain itu, masih banyak lembaga-lembaga lain yang berpartisipasi memberikan bantuan bagi mereka yang berprestasi dan ekonominya kurang mendukung. 

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk kita tidak berpendidikan. Pemerintah juga mengharapkan masyarakatnya memiliki masa depan yang cemerlang dengan adanya bantuan-bantuan pendidikan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan