Tidak sedikit guru yang mengabaikan apa sebenarnya manfaat dari penilaian pembelajaran. Yang terpikir adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menyerap materi pembelajaran dan untuk laporan kepada wali kelas.
Manfaat penilaian selain yang sudah saya sebutkan diatas, sebenarnya ada beberapa manfaat yang lain diantaranya :
- Perbaikan (remidial) bagi peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM. Guru harus percaya bahwa setiap peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan bila peserta didik mendapat bantuan yang tepat. Misalnya memberikan bantuan sesuai dengan gaya belajarnya sehingga kesulitan dan kegagalan tidak menumpuk. Dengan demikian peserta didik tidak frustasi dalam mencapai kompetensi yang harus dikuasai.
- Pengayaan bagi peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan lebih cepat dari waktu yang disediakan. Salah satu kegiatan pengayaan yaitu memberikan materi tambahan, latihan tambahan atau tugas individual yang bertujuan untuk memperkaya kompetensi yang telah dicapainya. Hasil penilaian kegiatan pengayaan dapat menambah nilai npeserta didik pada mata pelajaran bersangkutan. Pengayaan dapat dilaksanakan setiap saat baik pada atau di luar jam efektif.
- Perbaikan program dan proses pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan program dan kegiatan pembelajaran. Misalnya, guru dapat mengambil keputusan terbaik dan cepat untuk memberikan bantuan optimal kepada kelas dalam mencapai kompetensi yang telah ditargetkan dalam kurikulum, atau guru harus mengulang pelajaran dengan mengubah strategi pembelajaran, dan memperbaiki program pembelajarannya.
- Pelaporan. Hasil penilaian ini dapat digunakan kepala sekolah untuk menilai kinerja guru dan tingkat keberhasilan siswa.
Demikian beberapa manfaat dari penilaian, mudah-mudahan ini menambah sedikit wawasan bagi rekan guru, dengan harapan di dalam menyusun instrumen penilaian kedepan lebih baik lagi sehingga manfaatnya dapat optimal sesuai tujuannya.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!