Mohon tunggu...
Ibnu Muslim.
Ibnu Muslim. Mohon Tunggu... Guru - Kepala keluarga

Kepala sekolah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kerja Bakti Bersihkan Kuburan

12 Maret 2023   20:35 Diperbarui: 12 Maret 2023   20:38 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sahabat literasi yang baik hati, pembaca kompasiana yang budiman. Harapan saya sahabatku sekalian senantiasa dalam lindungan Tuan Yang Maha Kuasa, sehat walafiat. Usai sembahyang magrib kemarin Sabtu 11 Maret 2023 Pak Imam Masjid Hj Rahmatia Kampung Tapieng Kelurahan Boribelaya Kecamatan Turikale Kabupaten Maros Sulawesi Selatan mengumumkan dan mengajak jamaah masjid dan masyarakat sekitar masjid untuk melakukan kerja bakti membersihkan kuburan

Tampak hadir pada kegiatan ini jamaah masjid dan warga sekitar masjid. Dihadiri pula ketua RT Syamsul dan ketua RW Muh Haris Yahya. Selain mengajak kerja bakti pak imam juga menghimbau agar para jemaah membawa alat kerja bakti, seperti cangkul, sabit dan tidak lupa membawa makanan dan minuman. Kerja bakti dimulai sekitar pukul 07.30 dan berakhir sekitar pukul 10.00 Wita setelah areal perkuburan sudah kelihatan bersih. Banyaknya masyarakat yang datang ikut kerja bakti dan membawa makanan, minuman menandakan bahwa sifat gotong royong di Kampung Tapieng masih sangat kental.

Selain membawa makanan ternyata ada juga yang membawa rokok untuk dibagi-bagikan. Ada juga yang menyumbang bensin untuk bahan bakar sampah yang  masih agak basah bisa segera terbakar dengan pengawalan  yang super ketat. Pada saat istirahat makan dan minum serta merokok, minum kopi, air gelas pengurus masjid menyampaikan bahwa kuburan merupakan tempat peristirahatan kita terakhir di dunia ini. Oleh karena itu sebelum kita mati marilah kita isi waktu masih sehat dan longgar ini untuk beramal. Mau tidak mau kita akan bersemayam di tempat kuburan ini. Entah kapan waktunya hanya Allah SWT yang mengetahui. Dimana letak kapling kita di kuburan inipun kita juga tidak tahu.

Saat usai kerja bakti sebelum bubar kita membuat beberapa kesepakatan  antara lain :

- menunjuk juru kunci kuburan,

- membuat aturan bagaimana pemanfaatan kuburan ini agar senantiasa terjaga kebersihan dan keberlanjutan kuburan.

Pada sore harinya para jamaah masjid melakukan kerja bakti pula di dalam dan diluar sekitar masjid. Semua itu dilakukan dengan ikhlas mengharap ridho Tuhan Yang Maha Esa. 

Acara kerja bakti semacam ini biasa dilakukan menjelang puasa ramadhan dan bulan haji serta pada hari-hari bersejarah lainnya, seperti menjelang tujuh belas Agustus. 

Bagaimana aksi masyarakat di kampung anda menjelang bulan ramadhan. Ayo kita kabarkan pada forum ini, dan memberikan penilaian sesuai pandangan anda atau pilihan anda. 

Juga jangan lupa memberikan komentar, penyemangat untuk berliterasi bersama. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan membangun kampung kita masing-masing. Bergotong royong membersihkan lingkungan kita. Semoga bermanfaat, salam literasi. (IM).

Maros, 12 Maret 2023.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun