Mohon tunggu...
Ibis Ali
Ibis Ali Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Seseorang yang selalu ingin mengetahui apa saja. Dan Bercita-cita study di luar negeri.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Foto Copy Di Perpustakaan UI Rp.600/Lembar

26 Januari 2012   15:34 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:25 1946
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13275912951856685011

Saya biasanya foto copy hanya membayar paling mahal Rp.150 /lembar. Tapi kali ini saya harus membayar Rp.600 per lembar, untuk memfoto copy 40 lembar saya membayar Rp.24.000. dari  buku yang saya foto copy di perpustakaan Universitas Indonesia.

Hari rabu kemarin (25/01)  saya dan teman rencana membeli buku di pondok Cina - Depok. Di dekat Stasiun pondok Cina,  ada penjual buku-buku baru maupun buku bekas yang murah. Tetapi buku yang saya cari (Analisis Wacana - Oleh Eriyanto) sedang kosong. Kata beberapa penjual, buku tersebut banyak dicari oleh mahasiswa. Sehinggah buku tersebut tidak tersedia  saat ini. Karena saya sangat membutuhkan buku itu, saya mengajak teman untuk mencarinya diperpustkaan UI. Perpustakaan selengkap perpustakaan UI , pasti ada buku yang saya cari itu. Apa lagi dengan kondisi perpustakaan UI yang baru baru dibangun dengan koleksi jutaan buku.  Menjadikan perpustakaan pusat UI  salah satu yang terbesar di Asia. [caption id="attachment_157587" align="aligncenter" width="480" caption="Rak-rak buku yang tertata rapi dilantai 2 perpustakaan UI (Gambar : Koleksi pribadi)"][/caption] Karena kami bukan mahasiswa UI, kami daftar dan membayar administrasi Rp.5000 untuk sehari.  Menuju ruang koleksi di Lt.2. Lumayan susah mencari bukunya,walaupun ada penelusuran.  Karena kode tempat yang tercatat dipenulusuran (komputer)   tidak sesuai dengan tempatnya (Rak)  karena sudah berpindah tempat atau mungkin bukunya kosong karena sedang dipinjam. Seperti buku yang saya cari itu  (Analisis Wacana - Oleh Eriyanto) saya cari di rak 302.23 E 369 a dan tidak menemukannya padahal dipenulusuran tercatat kode itu, ternyata saya tidak sengaja menemukannya di rak 001. 4 M 432 ketika mencari buku lainnyadirak ini . Tapi tak apalah yang penting saya menemukan buku yang saya cari. Karena bukunya tidak bisa saya pinjam atau bawah keluar, maka Saya membawa buku itu ketempat foto copy yang tersedia,terletak  tengah perpustakaan. Tepatnya di salah satu sudut ruang baca. Saya minta kepada petugas untuk memfoto copy buku pada halaman yang telah saya tandai. Cukup lama juga menunggu,karena harus antri ada beberapa buku yang difoto copy selain buku yang saya bawah. Setelah selesai saya tanya berapa bang..? 24 ribu..jawabnya.. Ko mahal banget..?? Iya.. dihitung perhalaman jawabnya santai..... saya langsung membayarnya tanpa tanya-tanya lagi. saya menghitung hasil foto copy an saya,  memangnya berapa lembar semuanya sampai saya harus membayar 24 ribu..? ternyata hanya 40 lembar.  Saya meninggalkan ruangan foto Copy, menuju lt. 3 tempat koleksi skripsi. Saya berpikir memang mencari ilmu itu mahal,harus mengeluarkan biaya. Apalagi memfoto copy Ilmu orang........harus bayar juga untuk mendapatkannya. (Ibal) Pamulang, 26 Januari 2012

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun