Mohon tunggu...
I MadeSuardika
I MadeSuardika Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Modal Dasar Penulis

24 Januari 2022   22:56 Diperbarui: 24 Januari 2022   22:58 134 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setiap usaha apapun yang kita lakukan pasti memerlukan modal. Bila Anda bergerak dibidang usaha bisnis modal yang diperlukan tentu uang. Namun bila Anda suka menulis atau seorang penulis tentu juga wajib  memiliki modal. Apakah modal dasar seorang penulis?

Modal dasar seorang penulis tentu  adalah bahasa. Bahasa apapun boleh kita pergunakan untuk menulis. Mau bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, bahasa Arab, terlebih lagi bahasa kita sendiri yakni bahasa Indonesia.

Kemampuan  berbahasa yang baik tentu sangat penting bagi para penulis. Kemampuan ini perlu diasah setiap hari dengan latihan menulis apa saja di layar monitor laptop Anda. Yang terpenting ingat menulis sesuatu yang berguna dan memberi kemanfaatan bagi diri sendiri dan orang lain. Menulis adalah pekerjaan yang mulia. Dengan  menulis kita belajar mengikat makna dari pengetahuan yang kita pelajari.

Untuk memperkaya kosa kata dalam menulis, seorang penulis pemula  harus banyak membaca. Membaca apa saja yang berkaitan dengan kepenulisan. Baca koran terbitan ibukota, majalah, tabloid, buku pengetahuan umum, buku pengetahuan tentang teknologi, tentang agama, sejarah, ilmu sosial serta ilmu yang membahas kesehatan masyarakat. Semua bacaan itu sangat baik untuk memperkaya kosa kata  dalam hal kepenulisan.

Dimana kita mendapatkan buku-buku tersebut. Anda tidak usah kawatir. Banyak buku  tersedia di perpustakaan. Kita manfaatkan perpustakaan untuk menambah wawasan tentang kosa kata, maupun wawasan kebahasaan kita.

Bila anda bekerja sebagai guru tentu tidak kesulitan untuk mencari buku.Sekolah menyediakan perpustakaan sekolah. Banyak buku yang memuat ilmu pengetahuan dari tingkat anak-anak sekolah dasar sampai perguruan tinggi tersedia di perpustakaan sekolah. Kita dapat meminjami perpustakaan sekolah  tentang buku yang kita perlukan sebagai  rujukan menulis sebuah karya tulis.

Menulis adalah sebuah cara mengikat pengetahuan yang kita miliki. Jadi pengetahuan itu akan tetap tersimpan  di memori otak kita.

Bila Anda seorang penulis pemula tentu membutuhkan berbagai buku refrensi untuk menulis.  Referansi berguna  untuk memperkuat argumen tulisan kita. Dalam merujuk tulisan orang lain tentu harus mencantumkan sumber tersebut dalam daftar pustaka. Kita tidak boleh asal kutif tulisan orang lain  tanpa mencantumkan sembernya ditulisan  kita. Tindakan ini merupakan suatu penghargaan terhadap hasil karya orang lain.

Sebagai penulis pemula gaya kepenulisan kita tentu belum memadai. Untuk hal ini seperti anjuran diatas, yakni banyak membaca karya tulis orang lain adalah sangat penting.  Makin sering kita latihan menulis setiap hari maka akan  menemukan gaya kepenulisan khas yang  kita miliki.

Janganlah sekali-kali  membandingkan gaya tulisan kita dengan gaya kepenulisan seorang penulis senior. Perlu disadari bahwa kita adalah penulis pemula. Tentu sangat jauh berbeda dengan seorang penulis senior. Baik dalam segi gaya bahasa, pemakaian pola kalimat  serta struktur bahasa yang digunakannya tentu juga sangat berbeda.

 Namun kita sebagai penulis pemula tidak perlu khawatir akan tulisan kita yang terasa kurang bermutu. Untuk menjadikan tulisan kita lebih baik, perlu menantang diri kita untuk terus berlatih, berlatih dan berlatih menulis setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan