Mohon tunggu...
HUTAMA G. SOEDIREDJA
HUTAMA G. SOEDIREDJA Mohon Tunggu... What is this?

Rakyat jelata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kenangan Pahit Itu Indah

19 Mei 2019   14:18 Diperbarui: 19 Mei 2019   14:20 22 0 0 Mohon Tunggu...

Jika ditanya apa yang dicari dalam kehidupan ini, mungkin banyak akan menjawab kebahagiaan. Kita berusaha agar setiap effort kita selalu berada dalam kerangka mengejar kebahagiaan.

Namun, hasil jerih payah itu sering kali sulit dirasakan karena progres yang diraih setiap hari itu ada tapi skalanya minim. Alhasil, kebahagiaan terikat pada momen-momen tertentu yang berlangsung singkat dengan skala besar. Contohnya, menang undian, travelling, promosi jabatan, kelahiran anak, kenaikan gaji, dll.

Kebahagiaan biasanya dilanjutkan dengan syukur. Sedangkan, mengeluh diidentikkan sebagai ciri tidak bahagia. Tetapi, ada saat-saat dimana mengeluh itu menunjukkan hal-hal baik sedang terjadi. Dan sebaliknya, ada saat-saat dimana syukur itu menunjukkan hal-hal kurang baik sedang terjadi.

Mengeluh menjadi positif dan syukur berarti negatif adalah ketika kita sedang membahas masa lalu. Apabila saat ini kita mengeluh atas kehidupan masa lalu, itu berarti kehidupan masa lalu lebih buruk dibandingkan kehidupan sekarang. Atau, kehidupan saat ini lebih baik daripada kehidupan masa lalu.

Dengan demikian, kita harus mulai was-was jika kita sekarang merasa "masa lalu yang indah", "enak ya dulu", atau "waktuku kecil hidupku amatlah senang.."

Untuk mengetahui apakah jerih payah kita selama ini menghasilkan, coba kenang kembali kehidupan kita jauh ke lampau. Kenangan yang pahit menunjukkan we have progressed towards a better life.

VIDEO PILIHAN