Mohon tunggu...
Husnul Dwi Nurani
Husnul Dwi Nurani Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Saya berprofesi sebagai guru tepatnya di TK Kemala Bhayangkari 50 Nganjuk, dan juga alumni pondok pesantren di Kediri melalui kompasiana semoga bisa mewujudkan impian saya sebagai penulis yang berkualitas dan inspiratif, yang mana tulisan ini nanti bisa bermanfaat untuk semua orang yang membacanya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kegiatan Mencocok dan Menempel Melatih Fisik Motorik Halus Anak

26 September 2022   21:51 Diperbarui: 26 September 2022   21:56 385 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri

Guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran hendaknya mampu mengembangkan pola lintensi usaha berbagai pihak yang terlibat didalam pembelajaran dan harus pandai memotivasi peserta didik untuk terbuka, kreatif, responsif, interaktif dalam kegiatan pembelajaran.

Untuk mengasah kreativitas anak dalam hal motorik halus, ada banyak sekali kegiatan yang bisa diberikan kepada anak usia dini. Salah satunya adalah kegiatan mencocok dan menempel. Dengan menggunakan media gambar yang menarik dengan berbagai ukuran. Tentunya akan membuat anak menjadi antusias dan tertarik.

Kegiatan menccocok dan menempel melibatkan koordinasi mata dan tangan, serta membutuhkan kehati-hatian yang cukup ekstra karena menggunakan alat yang cukup tajam seperti mata pulpen, paku mencocok, atau jarum.

Adapun kegiatan mencocok yang perlu disiapkan adalah

Alat dan bahan :

  • Aneka gambar
  • paku mencocok
  • Bantalan / busa
  • Lem / solasi dobel tape
  • Kertas HVS / gelas plastik dan sedotan boba

Petunjuk mengerjakannya

  • Anak memilih gambar yang telah disediakan
  • Letakan gambar di atas bantalan
  • Tusuk-tusuk bagian tepi gambar dengan menggunakan paku mencocok dengan tusukan yang cukup rapat
  • Jika seluruh gambar sudah ditusuk, robeklah / lepaskan dengan hati-hati.
  • Tempelkan gambar yang telah dirobek tadi ke atas kertas HVS menggunakan lem atau lepaskan solasi dobel tape yang ada di sedotan boba, kemudian rekatkan gambat yang telah di cocok ke sedotan, kemudian sedotannya masukkan ke gelas plastic yg telah tersedia

Untuk tingkat kesulitan bisa di sesuaikan dengan usia anak. Semisal untuk usia kelompok bermain dengan gambar yang masih berupa gambar bergaris lurus berbentuk kotak / segitiga, Untuk kelompok A bisa dengan tingkat kesulitan campuran dengan garis lurus, miring, lengkung dan melingkar, atau sesuai bentuk gambar sederhana. Untuk usia kelompok B di desuaikan dengan bentuk gambar yang lebih rumit.

Semoga kegiatan ini bermanfaat melatih fissik motoric halus. Penulis Husnul Dwi Nurani, S.Pd dari TK Kemala Bhayangkari 50 Nganjuk.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan